1. Pemrograman Visual Basic
Visual
Basic adalah salah satu bahasa pemrograman yang digunakan untuk
membangun suatu aplikasi. Dimana bahasa pemrograman merupakan kumpulan
dari instruksi-instruksi yang di fahami computer untuk melakukan tugas –
tugas tertentu.
A. Kemampuan Visual Basic
· Menggunakan
flatform untuk pembuatan program yang diberi nama Developer Studio,
yang memiliki tampilan dan sarana yang sama dengan Visual C++ dan Visual
J++
· Memiliki compiler handal yang dapat menghasilkan file executeable yang lebih cepat dan lebih efisien
· Memiliki beberapa tambahan sarana wizard yang baru. Wizard adalah sarana mempermudah di dalam pembuatan aplikasi
· Visual Basic memiliki beberapa versi atau edisi yang disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya
B. Membuat User Interface (UI)
Aktifkan VB 6 melalui tombol Start.
Kenali jenis-jenis komponen (control) yang ada di dalam bagian ToolBox :
Lisensi Dokumen:
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com
Pada Jendela Form buatlah UI seperti ini :
Cara membuatnya :
Klik
komponen Label di dalam ToolBox kemudian “gambar” object Label1 di
dalam Form dengan cara drag-drop. Lakukan langkah yang sama untuk object
Label2. Object Text1 di-“gambar” menggunakan komponen TextBox,
sedangkan object Command1 dan Command2 menggunakan komponen Command
Button.
C. Mengatur Property Object
Kenali bagian-bagian di dalam Jendela Properties :
Melalui Jendela Properties atur property setiap object sebagai berikut :
Sehingga UI-nya menjadi seperti ini :
D. Menulis Kode Program : Property Test
Buka Jendela Code dan kenali bagian-bagian di dalamnya :
Program yang berbasis Windows bersifat event-driven,
artinya program bekerja berdasarkan event yang terjadi pada object di
dalam program tersebut. Misalnya, jika seorang user meng-klik sebuah
tombol maka program akan memberikan “reaksi” terhadap event klik
tersebut. Program akan memberikan “reaksi” sesuai dengan kode-kode
program yang dibuat untuk suatu event pada object tertentu. Pilih object
Command1 pada bagian Object Selector. Secara otomatis pada bagian Code
Editor akan muncul blok kode program berikut :
Event Click merupakan event default (standar)
dari object Command1, Anda bisa melihat event lainnya pada bagian Event
Selector. Pada bagian Code Editor ketikkan kode programnya sebagai
berikut :
Private Sub Command1_Click()
Label2.Caption = Text1.Text
End Sub
Private Sub Command2_Click()
End
End Sub
Simpan Project1 (nama file : Latihan.vbp) dan Form1 (nama file : Lat1.frm). VB 6 akan menyimpan
program yang Anda buat ke dalam beberapa file yang saling terkait, antara lain : file project (*.vbp), file
form (*.frm) dan file module (*.bas).
Coba jalankan Project1 dengan meng-klik tombol Start ( ) pada bagian Toolbar atau tekan tombol
F5 pada keyboard. Ketikkan “Salman” di dalam TextBox kemudian klik tombol OK. Maka akan tampil
hasil sebagai berikut :
Bila ingin keluar klik tombol Selesai.
Penjelasan kode program :
Berikut diberikan penjelasan bagaimana cara kerja program sederhana di atas
Private Sub Command1_Click()
Label2.Caption = Text1.Text
End Sub
Ketika seorang user meng-klik
tombol OK (object Command1) maka isi tulisan pada object Label2 akan
sama dengan isi tulisan pada object Text1. Property Caption pada obyek
Label2 digunakan untuk
menampilkan text tertentu di obyek tersebut.
Selanjutnya untuk keluar dari program dituliskan kode berikut :
Private Sub Command2_Click()
End
End Sub
Ketika seorang user meng-klik tombol Selesai (object Command2) maka program akan berhenti.
Perintah
End digunakan untuk menutup program. Menampilkan tulisan merupakan
salah satu property yang dimiliki oleh komponen Label. Property isi
tulisan pada komponen Label adalah Caption, sedangkan pada komponen
Textbox adalah Text. Cara penulisan (syntax) kode program untuk mengatur property sebuah object adalah sebagai berikut :
nama_object.property = value
Perhatikan, setelah Anda mengetikkan tanda titik (dot) dibelakang nama_object maka VB 6 akan
menampilkan daftar property dan method yang dimiliki oleh nama_object :
Fasilitas ini disebut Intellisense, dan sangat membantu Anda agar tidak salah mengetikkan nama_object maupun property-nya.
E. Modifikasi Kode Program
Ubah tampilan UI-nya menjadi seperti ini :
(Tambahkan komponen Frame, OptionButton dan CheckBox)
Atur property object-object tambahannya sebagai berikut
Object Properties Value
Obyek
Frame1 harus dibuat terlebih dahulu si form, dan selanjutnya obyek
Option dan Check dibuat di dalam Frame1 tersebut. Tujuan pembuatan
berbagai pilihan tersebut adalah memperkenalkan pada Anda fasilitas
Option dan CheckBox yang digunakan untuk membuat pilihan dalam aplikasi.
Tambahkan kode programnya sebagai berikut :
Private Sub Option1_Click()
Label2.ForeColor = vbBlue
End Sub
Private Sub Option2_Click()
Label2.ForeColor = vbRed
End Sub
Private Sub Check1_Click()
Label2.FontBold = Check1.Value
End Sub
Private Sub Check2_Click()
Label2.FontItalic = Check2.Value
End Sub
Simpan kembali Form1, kemudian coba jalankan Project1 dan lihat hasilnya :
2. Pemrograman Delphi
Delphi adalah suatu bahasa pemrograman (development language) yang digunakan untuk merancang suatu aplikasi program.
A. Kegunaan Delphi
1. Untuk membuat aplikasi windows
2. Untuk merancang aplikasi program berbasis grafis
3. Untuk membuat program berbasis jaringan (client/server)
4. Untuk merancang program .net (berbasis internet)
5.
B. Keunggulan delphi
1. IDE (Integrated
Development Environment) atau lingkungan pengembangan aplikasi sendiri
adalah satu dari beberapa keunggulan delphi, didalamnya terdapat menu –
menu yang memudahkan kita untuk membuat suatu proyek program.
2. Proses
kompilasi cepat, pada saat aplikasi yang kita buat dijalankan pada
Delphi, maka secara otomatis akan dibaca sebagai sebuah program, tanpa
dijalankan terpisah
3. Mudah digunakan, source kode Delphi yang merupakan turunan dari pascal, sehingga tidak perlu suatu penyesuaian lagi.
4. Bersifat multi purphase, artinya bahasa pemrograman Delphi dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi
(Object Oriented Programming)
OOP
adalah metode pemrograman dengan membentuk sebuah aplikasi yang
mendekati keadaan dunia yang sesungguhnya. Hal itu bisa dilakukan dengan
cara mendisain object untuk menyelesaikan masalah
a. Tiga unsur OOP
1. Encapsulation
atau pemodelan encapsulasi adalah konsep penggabungan data dengan
operator. Dalam konsep pemodelan data dan operasi menjadi satu kesatuan
yang disebut object. Encapsulation juga disebut dengan penyembunyian
informasi
2. Inheritance atau penurunan
Inheritance
adalah sebuah object yang dapat diturunkan manjadi object yang baru
dengan tidak menghilangkan sifat asli dari object tersebut.
3. Polymorphism atau polimorfisme
Polymorphism
merupakan penggunaan berbagai macam object yang berbeda tetapi secara
fungsi bergantung pada satu object sebagai induk, dengan cara
pelaksanaan yang berbeda – beda.
Object
simpan dan update adalah icon yang berasal dari induk yang sama yaitu,
command button tetapi cara kerja tersebut berbeda – beda.
C. Delphi dan OOP
Secara
default ketika kita merancang suatu aplikasi program, mau tidak mau dan
tanpa kita sadari bahwa kita telah menerapkan OOP, walaupun secara
teori kita kurang memahami OOP dalam arti yang sebenarnya.
D. Bagian – bagian dari jendela Delphi
1. Object tree view
Merupakan
sebuah diagram pohon yang menggambarkan hubungan logis menghubungkan
semua komponen yang terdapat dalam suatu proyek program. Komponen
tersebut meliputi form, modul atau frame. Fungsinya digunakan untuk
menampilkan seluruh daftar komponen program dalam sebuah aplikasi
program sesuai dengan penempatannya.
2. Object Inspector
Merupakan
jendela yang digunakan untuk mengatur tampilan komponen pada form,
missal bagaimana mengubah tulisan button pada command button menjadi
simpan, atau menghapus tulisan pada label dan mengganti nama menjadi
nama mahasiswa memberikan perintah tertentu pada sebuah komponen
sehingga ada interaksi ketika program dijalankan..
Secara umum object inspector terbagi 2, yaitu:
a. Properties
Digunakan
untuk mengatur tampilan pada sebuah komponen baik itu meliputi
penggantian nama, warna, jenis huruf, border, dan lain – lain.
b. Events
Merupakan
jendela properties yang digunakan untuk memberikan fungsi yang lebih
detail dari fungsi sebenarnya. Misalnya ketika tombol Simpan di klik
maka program akan menjalankan perintah penyimpanan data. Dari kalimat
tersebut ada event clik untuk mengeksekusi sebuah tombol simpan.
Perintah event clik tersebut dapat diberikan melalui jendela events.
3. Form Designer
Merupakan tempat yang digunakan untuk merancang semua aplikasi program yang diambil dari komponen pallete.
4. Komponen pallete
Merupakan
kumpulan icon yang digunakan untuk merancang suatu aplikasi untuk
membentuk sebuah aplikasi user interface. Dalam komponen pallete semua
icon dikelompokkan dalam berbagai komponen sesuai dengan fungsi dan
kegunaannya.
Icon dan fungsi
1. Pointer mengembalikan fungsi ke default
2. Frame membentuk frame terhadap obyek yang ada didalamnya
3. Main menu membuat menu utama
4. Popup menus
5. Label hany untuk menampilkan teks
6. Edit untuk menampilkan dan input data (1 baris)
7. Memo sama seperti edit tetapi mempunyai kapasitas lebih besar (lebih dari 1 baris)
8. Button digunakan untuk melakukan eksekusi terhadap suatu proses
9. Checkbox digunakan untuk menentukan pilihan lebih dari satu
10. Radio button digunakan untuk menentukan pilihan, tetapi hanya satu pilihan yang bisa digunakan
11. List box menampilkan pilihan dalam bentuk list
12. Comobox menampilkan pilihan dalam bentuk popup
13. Scroll bar merupakan icon berupa baris status
14. Group box digunakan untuk mengelompokkan suatu icon
15. Radio group digunakan untuk mengelompokkan pilihan
5. Code editor
Bagian
dari Delphi yang digunakan untuk menuliskan kode program. Pada bagian
kode editor terdapat 3 bagian utama yaitu: bagian paling kiri yang
berisi berupa angka menunjukkan baris kolom. Keterangan modified
menunjukkan bahwa telah terjadi modifikasi terhadap baris program. Dan
yang paling kanan menunjukkan status keyboard tentang tombol insert atau
over write.
6. Code explorer
Jendela yang digunakan untuk menampilkan seluruh variable, type, dan routine yang terdefinisikan pada sebuah unit.
7. Code diagram
Merupakan
fasilitas pada Delphi yang digunakan untuk mendesain sebuah diagram
atas komponen – komponen yang digunakan dalam suatu rancangna aplikasi
E. Project Delphi
1. File proyek
File ini disimpan dengan ber-ekstention .dpr. file ini berisi informasi mengenai seluruh proyek program
2. File unit
Merupakan
kumpulan dari barisan kode program yang terdapat di jendela code
editor, baik itu yang dituliskan oleh programmer maupun oleh system.
Extention file ini adalah .pas. file unit dibagi menjadi 2:
a. Bagian interface
Barisan
ini dimulai dari kata interface (setelah nama unit), berisi seluruh
deklarasi variable, tipe data object maupun deklarasi tambahan.
b. Bagian implementation
Dimulai
dari kata kunci implementation dan diakhiri dengan kata end. Fungsi
digunakan untuk menuliskan kode program sebagai bagian dari interaksi
antar komponen ataupun dengan user.
3. File form
Berisi
tentang seluruh informasi yang ada kaitannya dengan form yang dibuat,
meliputi tinggi, lebar, posisi form atau tentang komponen didalamnya.
Penggunaan file ini tidak dianjurkan karena untuk pengaturan sudah
disediakan object inspector sebagai media pengaturan semua komponen.
No comments:
Post a Comment
Budayakan Berkomentar,,,, karena dengan berkomentar kita aka saling mengenal dan mungkin mampu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang belum terpecahkan dalam pemikiran kita....
Untuk kalian yang belum mempunyai akun GOOGLE / WORDPRESS / OPEN ID atau yang lainnya tapi ingin berkomentar pada postingan ini silahkan pilih "NAME/URL" pada kolom "Beri Komentar Sebagai", untuk URL kalian bisa memasukkan url / alamat facebook/twitter,,, contoh : http://www.facebook.com/nama_facebok
Terimakasih...... Admin