Saturday, 27 April 2013

Tagged under:

Indah Dewi Pertiwi atau IDP mendapat gelar Dewi Songgo Langit.




          Hay sobat Dunia Informasi aku mau sedikit share tentang berita yang baru-baru ini terjadi di Kota ku tersayang PONOROGO nih,,,,
Hmmm kmaren ada kabar low Indah Dewi Pertiwi atau IDP datang ke Ponorogo guna untuk mempelajari/mendalami tarian REYOG, kabarnya ia juga dapet gelar Dewi Songgo Langit, gag percaya ?

nih aku kasih cuplikan beritanya.


"Setelah sukses dalam Trilogi Karnaval SCTV 2013, Indah Dewi Pertiwi atau IDP mempersiapkan penampilan berbeda di ajang penghargaan bergengsi SCTV Music Awards 2013 pada 29 April mendatang. Tak main-main, bertema kebudayaan Jawa Timur, IDP bakal memadukan REYOG PONOROGO dengan tarian modern. 

Kombinasi ini akan membuat penampilan pelantunHipnotisitu bakal istimewa dalam SCTV Music Awards 2013. Demi mewujudkan penampilannya, IDP pun mempersiapkan latihan secara serius. 
Ia kemudian meluangkan waktu untuk belajar membawakan tarian yang mengandung unsur magis nan kental tersebut. Secara khusus, IDP terbang ke Surabaya dan Ponorogo, Jawa Timur. 

"Aku datang jauh-jauh ke sini untuk melihat langsung, seperti apa tariannya...Reog itu seperti apa," beber Indah Dewi Pertiwi kepada timHalo Selebritiyang ditayangkan diSCTV, Rabu (24/4/2013). 

Sesampai di Ponorogo, Indah Dewi Pertiwi memperoleh suatu kejutan. Selain mendapat izin untuk mendalami dan membawakan tarian tersebut, IDP ternyata mendapat gelar kehormatan dari sesepuh padepokan reog ponorogo. Indah mendapat gelar Dewi Songgo Langit yang langsung diikuti dengan prosesi adat. 
Adapun dalam ajang bergengsi SCTV Music Awards 2013, IDP bakal bersaing memperebutkan Penyanyi Solo Wanita Paling Ngetop. Penyanyi kelahiran Bogor, 30 Januari 1991 ini bersaing dengan Agnes Monica, Raisa, Rossa, dan Syahrini."
ni Videonya :



nah dah baca kan sedikit beritanya,,,
trus kira-kira pantes gag ya seorang IDP mendapat gelar seperti itu.

          Kalo menurut saya sih itu terlalu berlebihan, masa cuma berkunjung dan mau mendalami tarian REYOG hanya untuk pentas dalam suatu event aja dapat gelar seperti itu, lagiankan IDP juga bukan orang Ponorogo asli, lalu bagaimana dengan seniman-seniman yang ada di Ponorogo, kan masih banyak tu seniman handal dari ponorogo yang mampu mengharumkan Kota Ponorogo sendiri. masa mereka yang bertahun-tahun terjun di dunia seni (khususnya kesenian khas Ponorogo) gag mendapat apresiasi apapun dari pemerintah Ponorogo. Malah orang lain yang mendapat apresiasi, lagian IDP kan juga gag memberi dampak positifkan selama ini untuk kesenian yang ada di Ponorogo (Reyog khususnya).

          Dan untuk Pemerintah Kabupaten Ponorogo "Tolong dong lain kali kalo mau memberikan gelar terhadap orang di pikir-pikir dulu, dinilai dong dari berbagai segi, jangan cuma karena seorang yang terkenal kemudian ia di beri gelar seperti itu, kasian seniman-seniman lain yang ada di Ponorogo, rasa-rasanya mereka jadi gag dihargai deh".


Lalu bagaimana komentar sobat-sobat Dunia Informasi sendiri.


Wednesday, 24 April 2013

Tagged under:

Beberapa Versi Sejarah Kelahiran Reyog Ponorogo


           Hingga saat ini, belum ditemukan data secara akurat (bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah) mengenai sejarah kelahiran Reyog Ponorogo. Berdasar penelitian yang dilakukan Rido (1997), ditemukan beberapa versi yang memberikan pandangan tentang asal-usul kesenian ini.

        Versi pertama, lahir dari imaginasi seorang seniman hasil pembacaan (perenungan) terhadap realitas kehidupan semesta. Dalam perspektif ini, Reyog lahir dari lukisan ide seorang seniman budaya yang meletakkan rasa bangga (takjub) nya terhadap harmoni kehidupan belantara. Kepala harimau dan burung merak yang menjadi perangkat utama dalam kesenian ini merupakan dua jenis binatang yang memiliki keistimewaan, baik dari aspek estetis maupun magisnya. Harimau sang binatang buas berkarakter liar dan ganas mendapat kehormatan sebagai sang raja hutan. Sementara burung merak merupakan binatang dengan karakter yang penuh pesona; cantik dan indah. Paduan kedua binatang berkarakter kontras tersebut, melahirkan paduan indah - sebuah karakter unik dalam sebuah kepribadian manusia, yakni kekuatan dan keindahan. Paduan inilah yang diharapkan lahir dari pribadi orang Ponorogo; berani, berwibawa, mampu memimpin, dan tetap dalam sikap yang santun dan menarik. Dengan demikian, versi sejarah Reyog ini, lebih cenderung menyampaikan pesan jatidiri dan identitas masyarakat Ponorogo sebagaimana diterangkan melalui simbolisasi kesenian Reyog ponorogo.


       Versi kedua, lahir sebagai bias dari kepercayaan atau keyakinan masyarakat disaat animisme dan dinamisme tumbuh subur. Dalam kepercayaan masyarakat seperti ini, roh hewan yang telah mati sekalipun, bisa didatangkan kembali ke dunia seperti halnya keyakinan mereka tentang bisa kembalinya roh manusia yang telah meninggal. Sementara diyakini oleh mereka bahwa roh binatang yang paling kuat adalah roh harimau. Karena itu, dengan tujuan agar melindungi keselamatan mereka, roh itu diundang melalui upacara (ritual) adat; ritual pemanggilan roh. Pada perkembangan berikutnya, upacara adat itu memakai topeng kepala harimau dan kemudian dikemas melalui tari-tarian. Inilah dasar pijak versi kedua, sebagaimana tulis Hartono (1980), bahwa kesenian Reyog Ponorogo merupakan perkembangan lebih masak dari tradisi upacara adat tersebut.

          Versi ketiga, lahir sebagai tanda jaman. Saat Ponorogo dilanda huru-hara (kekacauan, tidak aman) disebabkan terjadinya perseteruan antar kelompok masyarakat penganut msitik; kanuragan, ngelmu kasekten (ilmu kesaktian), sehingga mengarah pada pertikaian dan bahkan pembunuhan. Situasi tidak aman ini, selanjutnya melahirkan sebutan-sebutan atau istilah-istilah sebagai tanda jaman, dimana salah satunya istilah itu adalah reyog (berati riyeg, horeg, gonjang-ganjing). Seni Reyog yang lahir sesaat atau bersamaan dengan situasi tersebut mengambil ilustrasi semacambarongan (serumpun pohon bambu yang meliuk-liuk diterpa angin), hingga seolah-olah menggambarkan situasi kekacauan yang tengah terjadi dan melanda masyarakat saat itu.

          Versi keempat, lahir sebagai lambang kemenangan Batharakathong atas Ki Ageng Kutu (Ki Demang Suryongalam). Dua binatang yang dipakai perangkat utama kesenian ini, dimaksudkan sebagai sebuah simbol dari dua karakter dua tokoh yang disebutkan. Harimau melambangkan perwatakan Ki Demang; penyerang, pemberontak, sedangkan burung merak melambangkan perwatakan Batharakathong; pembawa kedamaian, kesejukan, dan keindahan. Diduga pada saat itu juga tengah berlangsung proses islamisasi di Ponorogo yang dimobilisasi oleh Batharakathong, dengan satu bukti bahwa semenjak itu di atas kepala harimau (persis di paruh burung merak) ditambahkan kalung manik-manik semisal tasbih (alat menghitung bacaan dzikir)

          Versi kelima, bertumpu pada mitos atau legenda. Legenda tentang lahirnya Reyog Ponorogo lebih dari satu jumlahnya, dimana kalau ditarik garis besar, semuanya mengandung falsafah atau tuntunan hidup yang diharapkan dapat menumbuhkan jiwa patriotik, sikap dan watak terpuji, dan sejumlah perilaku luhur yang lain.

          Terlepas dari ragam sejarah Reyog Ponorogo, sebagaimana dipaparkan di atas, akan sangat arif manakala kita mau merenung sejenak untuk bersama-sama mengkritisi sejarah Reyog yang selama ini dipedomani. Sebagai falsafah atau tuntunan hidup bagi generasi bumi Reyog, sejarah yang berbau legenda memang cukup sarat makna. Namun, sebagai pembelajaran hidup bagi calon warok menuju pencerahan dan pencerdasan, akar sejarah Reyog Ponorogo yang bersifat ilmiah, sudah barang tentu juga sangat ditunggu kehadirannya.


Tuesday, 23 April 2013

Tagged under:

Kode-kode Warna HTML Untuk Desain Blog Atau Web.

          Hallo sobat Dunia Informasi sedikit cerita nih, hehehehehehe boleh kan. kemaren aku dibuat bingung nih oleh blog sendiri, mau rubah warna malah merusak blog, untung aja bisa dibenerin kalo ngak kan jadi kacau, hehehehe, emang susah ya low kita mau edit script HTML tapi gag tau kode-kode warna HTMLnya, bisa-bisa script yang kita edit jadi rusak.
          Nah untuk mecegah kejadian tersebut nih aku kasih referensinya, aku postingin kode-kode warna HTML, monggo langsung dilirik aja ya, hehehehehe.


          Nah dengan begini kan kita mudah untuk merubah kode-kode warna HTML sesuai yang kita inginkan. Sekian dulu sobat Dunia Informasi, semoga postingan ini bermanfaat,amin. oiya jangan lupa baca artikel lainnya di Dunia Informasi, and kalo ada yang kurang jelas jangan segan-segan untuk comment ya,,,,
                Salam sejahtera untuk kalian semua.

Saturday, 20 April 2013

Tagged under:

Ternyata Mozilla Firefox dan Google Chrome Bisa Saling Memanggil.



         Halo sobat Dunia Informasi, berikut ada berita menarik baru-baru ini yang saya kutip dari kompas. Dua browser terbaik yang saat ini masih bersaing kuat yaitu Mozilla Firefox dan Google Chrome, ternyata punya kerjasama erat. Kedua browser ini bisa saling "memanggil". Berarti semakin canggih donk.

         Nah maksudnya adalah, pengembang atau developer saat ini bisa membuat aplikasi yang melakukan panggilan suara maupun video yang berjalan di atas Firefox dan Chrome. Aplikasi ini tidak membutuhkan plug-in pihak ketiga untuk dijalankan. 
          Demo panggilan video semacam itu bisa disaksikan dalam video YouTube yang menampilkan Chief Innovation Officer Mozilla, Todd Simpson dan Director of Product Management Google, Hugh Finnan berikut ini :







         Hal tersebut bisa tercapai berkat kerjasama penerapan WebRTC yang dilakukan kedua pihak. Selain komunikasi suara atau video, WebRTC juga bisa digunakan untuk berbagi data, misalnya untuk berbagi foto atau dokumen. 

WebRTC adalah standar terbuka yang sedang diproses oleh lembaga standar internasional World Wide Web Consortium (W3C) dan Internet Engineering Task Force (IETF).

nah sekarang jadi lebih mudah kan sobat Dunia Informasi untuk berkomunikasi,,,,,

Monday, 15 April 2013

Tagged under:

Cara Mudah Membuat Tombol Reply Pada Komentar Blog.


Hay sobat Dunia Informasi, hari ini aku mau sedikit share trick blog yang baru aku praktekin, ini tentang “ CARA MEMBERI BUTTON REPLY PADA COMMENT BLOG”, sebenernya ni bukan sepenuhnya dari pemikiran aku, tapi tadi kepikiran aja pengen ngutak ngutik blog, trus cari-cari artikel eh ketemu yang aku butuhin.
Gag satu artikel langsung berhasil sih, tapi butuh beberapa referensi, oz lumayan sulit bagi aku, hehehehehe. And nih aku dah coba-coba beberapa artikel tapi buat aku cara yang ini lebih simple n mudah di pahami.

Sunday, 14 April 2013

Tagged under:

PEMANFAATAN TEORI BAHASA & AUTOMATA


Teori Bahasa
        Teori bahasa membicarakan bahasa formal (formal language), terutama untuk
kepentingan perancangan kompilator (compiler) dan pemroses naskah (text
processor). Bahasa formal adalah kumpulan kalimat. Semua kalimat dalam sebuah
bahasa dibangkitkan oleh sebuah tata bahasa (grammar) yang sama. Sebuah bahasa
formal bisa dibangkitkan oleh dua atau lebih tata bahasa berbeda. Dikatakan bahasa
formal karena grammar diciptakan mendahului pembangkitan setiap kalimatnya.
         Bahasa manusia bersifat sebaliknya; grammar diciptakan untuk meresmikan kata-kata
yang hidup di masyarakat. Dalam pembicaraan selanjutnya ‘bahasa formal’ akan
disebut ‘bahasa’ saja.

Automata
         Automata adalah mesin abstrak yang dapat mengenali (recognize), menerima
(accept), atau membangkitkan (generate) sebuah kalimat dalam bahasa tertentu.
Automata berasal dari bahasa Yunani automatos, yang berarti sesuatu yang bekerja
secara otomatis (mesin). Istilah automaton sebagai bentuk tunggal dan automata sebagai
bentuk jamak. Teori Automata adalah teori tentang mesin abstrak yang :
1. bekerja sekuensial
2. menerima input
Materi minggu ke-1
3. mengeluarkan output
Pengertian mesin bukan hanya mesin elektronis/mekanis saja melainkan segala sesuatu (termasuk perangkat lunak) yang memenuhi ketiga ciri di atas. Penggunaan automata pada perangkat lunak terutama pada pembuatan kompiler bahasa pemrograman.
Secara garis besar ada dua fungsi automata dalam hubungannya dengan bahasa, yaitu :
- fungsi automata sebagai pengenal (RECOGNIZER) string-string dari suatu
bahasa, dalam hal ini bahasa sebagai masukan dari automata
- fungsi automata sebagai pembangkit (GENERATOR) string-string dari suatu
bahasa, dalam hal ini bahasa sebagai keluaran dari automata
Untuk mengenali string-string dari suatu bahasa, akan dimodelkan sebuah automaton
yang memiliki komponen sebagai berikut :
- pita masukan, yang menyimpan string masukan yang akan dikenali;
- kepala pita (tape head), untuk membaca/menulis ke pita masukan;
- Finite State Controller (FSC), yang berisi status-status dan aturan-aturan yang
mengatur langkah yang dilakukan oleh automaton berdasarkan status setiap saat
dan simbol masukan yang sedang dibaca oleh kepala pita;
- pengingat (memory), untuk tempat penyimpanan dan pemrosesan sementara
Automaton pengenal, setelah membaca string masukan dan melakukan langkahlangkah
pemrosesan yang diperlukan, akan mengeluarkan keputusan apakah
string tersebut dikenali atau tidak.
- Konfigurasi adalah suatu mekanisme untuk menggambarkan keadaan suatu mesin
pengenal , yang terdiri atas :
_ status FSC
_ isi pita masukan dan posisi kepala pita
_ isi pengingat
Mesin pengenal bersifat deterministik bila dalam setiap konfigurasi, hanya ada satu kemungkinan yang dapat dilakukan mesin, jika tidak mesin pengenal bersifat non
deterministik.
Bahasa dalam bentuk tulisan terdiri atas simbol-simbol satuan yang jika dikombinasikan akan mempunyai arti yang berbeda-beda. Simbol-simbol yang bisa dipergunakan dalam sebuah bahasa terbatas jumlahnya, yang membentuk sebuah himpunan dan disebut sebagai abjad (alphabet).
Kadangkala digunakan istilah karakter yang maknanya sama dengan simbol. Deretan karakter membentuk string. Bahasa (language) didefinisikan sebagai himpunan semua string yang dapat dibentuk dari suatu abjad. Kaidah/aturan pembentukan kata/kalimat disebut tata bahasa (grammar). Sebagai keluaran dari automata, Bahasa memungkinkan penyampaian gagasan dan pemikiran, tanpa itu komunikasi akan sulit terjadi. Dalam lingkungan pemprograman komputer, bahasa pemprograman bertindak sebagai sarana komunikasi antara manusia dan permasalahannya dengan komputer yang dipakai untuk membantu memperoleh pemecahan. Suatu solusi untuk suatu masalah akan menjadi lebih mudah bila bahasa pemprograman lebih dekat dengan permasalahan tersebut. Oleh karena itu, bahasa harus memiliki konstruksi yang merefleksikan masalah dan independen dari komputer yang dipergunakan. Komputer digital, disisi lain, hanya menerima dan memahami bahasa tingkat rendah mereka sendiri, terdiri dari deretan nol dan satu, yang sulit dipahami oleh manusia.
Selain bahasa juga bisa menggunakan otomata sebagai media, otomata adalah ilmu yang mempelajari mengenai mesin abstrak, bisa disebut pula adalah suatu model abstrak dari komputer digital yang dapat menerima input secara sekuensial dan dapat mengeluarkan output. Setiap otomata memiliki beberapa fungsi dasar, dapat membaca input berupa string dari alphabet yang diberikan dari input file. Otomata merupakan suatu sistem yang terdiri dari sejumlah berhingga status, dimana setiap status tersebut menyatakan informasi mengenai input yang lalu, dan dapat pula dianggap sebagai mesin memori. Input pada mesin otomata dianggap sebagai bahasa yang harus dikenali oleh mesin. Disajikan dengan suatu input string, suatu acceptor apakah akan menerima (mengenali) string tersebut atau menolaknya. Otomata yang lebih umum yaitu yang mampu menghasilkan string output, dikenal dengan Tranducer. Sebagai contoh penggunaan otomata adalah:
  1. Mesin Turing.
  2. Mesin Karakter
  3. Kompiler
  4. Mesin Jaja (Vending Machine)
Setelah kita mengetahui definisi bahasa dan automata, pertanyaan selanjutnya adalah apakah hubungan antara teori automata dan bahasa formal ? Secara garis besar ada dua fungsi automata dalam hubungannya dengan bahasa, yaitu :
  1. Fungsi automata sebagai pengenal (RECOGNIZER) string-string dari suatu bahasa, dalam hal ini bahasa sebagai masukan dari automata
  2. Fungsi automata sebagai pembangkit (GENERATOR) string-string dari suatu bahasa, dalam hal ini bahasa sebagai keluaran dari automata
Di dalam praktik teori bahasa dan otomata (tbo) terdapat beberapa pembelajaran yang diajarkan kepada mahsiswa seperti finite state automata, deterministic finite automata, nondeterministic finite automata, grammar, regular expression, mesin turing, dan lain-lain. Di dalam tbo juga dijelaskan juga teori tentang finite state machine (fsm) yang di dalamnya juga dijelaskan beberapa fungsi seperti fsm with output dan fsm with no output, dalam fsm with output dijelaskan dua fungsi yaitu meanly machine dan moore machine, dan juga dalam fsm with no output dijelaskan juga beberapa fungsi yaitu finite state automata, deterministic finite automata, non-deterministik finite sutomata, grammar. Yang sering digunakan dalam pembelajaran di teori dan di praktik adalah finite state machine with no output seperti finite state automata, deterministic automata, dan lain-lain, akan tetapi dalam pembelajaran jarang sekali membahas finite state machine with output.
Di dalam finite state machine with output ada beberapa contoh yang dapat digunakan dalam penelitian seperti mesin jaja, mesin atm, dan lain-lain. Misal mengambil salah satu contoh yaitu mesin jaja atau vending machine, di dalam vending machine terdapat beberapa aspek yang harus kita pelajari seperti bagaimana proses dalam menjalankan vending machine?, oleh karena itu kita juga harus mendefinisikan dari awal seperti data inputan, data proses, dan data keluaran. Dalam data inputan juga harus dijelaskan seperti apakah masukkan?, kemudian juga menentukan data keluaran atau objek yang akan digunakan.

Friday, 12 April 2013

Tagged under:

Cara Mematikan Klik Kanan Pada Blog Dengan Mudah.

         Kali ini saya akan sedikit share trik-trik blog yaitu tentang “cara mencegah copy paste pada blog”, kalau menurut saya sih hal ini tidak terlalu penting, merupakan satu keuntungan tersendiri bila artikel kita di copas (copy paste), apa lagi bila Sahabat "Dunia Informasi" yang copas mau mencantumkan sumber dari artikel tersebut, bisa menambah back link kan.

Namun bagi Sahabat "Dunia Informasi" yang merasa bahwa artikel Sahabat "Dunia Informasi" sangat penting dan tidak rela untuk di copy paste, mungkin hal ini cukup berguna untuk dilakukan. akan tetapi cara tersebut tidak melindungi content blog Sahabat "Dunia Informasi" sepenuhnya, stidaknya cukup membuat orang yang berniat copas sedikit bingung apabila dia seorang newbie, karena sebenarnya ada jalan lain untuk bisa meng-copas artikel blog sekalipun sudah dilindungi dengan script anti copas.

Langsung saja deh Sahabat "Dunia Informasi", kali ini untuk melindungi blog di blogger (blogspot) dari dari copy paste adalah dengan mendisable right click, atau lebih dikenal dengan mematikan klik kanan. Berikut tutorial cara mematikan klik kanan pada blogspot.
  1. Login terlebih dahulu ke Blogger.com
  2. Dari halaman Dashboard, silahkan Sahabat "Dunia Informasi" menuju ke Tata Letak > Edit HTML
  3. Lalu cari kode <body> atau <body (dengan bantuan tekan Ctrl+F atau F3)
  4. Tambahkan kode dibawah ini ke dalam kode <body> atau <body tadi, atau bisa juga di ganti sekalian.

<body oncontextmenu='return false' onmousedown='return false' onselectstart='return false' onkeypress='return false'>

Sahabat "Dunia Informasi" juga bisa menggunakan beberapa tambahan kode saja, atau semuanya juga boleh, terserah kebutuhan anda.

Berikut penjelasan dari kode-kode diatas:

oncontextmenu='return false' (untuk mematikan klik kanan mouse) 
onmousedown='return false' (untuk mematikan klik blok ke bawah)
onselectstart='return false' (untuk mematikan seleksi blok)
onkeypress='return false' (untuk mematikan tombol keyboard)

Jika sudah, Simpan Template blog sahabat "Dunia Informasi". Untuk demonstrasinya silakan sobat lihat di sini DEMO.

Selamat mencoba dan semoga berhasil sahabat.
Tagged under:

Cara Membuat Buku Tamu Pada Blog Gratis...!!!




      Halo sahabat "Dunia Informasi", kali ini aku mau kasih info bagi para pemula dalam dunia blogger "cara buat buku tamu di blog-blog kalian".


Nih step by stepnya disimak ya, gag ribet kok,cuma butuh beberapa langkah aja, jadi cap cus deh langsung di praktekin.


  1. Sahabat "Dunia Informasi" semua harus buat akunnya dulu di "Cbox". jika sudah punya akunnya lewati aja langkah pertama ini, namun jika belum punya dan ingin daftar Klik Disini ( Free/Gratis ).
  2. Setelah itu buka email Sahabat "Dunia Informasi" yang telah di daftarkan pada "Cbox" tadi dan verifikasi email masuk dari "Cbox" dengan cara mengeklik URL yang telah dikirim oleh pihak "Cbox".
  3. Sekarang sahabat "Dunia Informasi" Login pada Blogger kalian, kemudian pilih "Rancangan", lalu pilih "Tata Letak", lalu "Tambah Gadget", kemudian pilih "HTML/JavaScript".
  4. Setelah itu sahabat "Dunia Informasi" copy kode di bawah dan paste pada "Gadget" yang tadi sudah di tambahkan pada Blog kalian.
    <style type="text/css"> #gb{ position:fixed; top:50px; z-index:+1000; } * html #gb{position:relative;} .gbtab{ height:150px; width:30px; float:left; cursor:pointer; background:url('https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgbnQCjBi77p61eo8Z-GZn_4IWEk4lX-C8SH6bd5kcpVHAs4Z2K6h-xpUAInjZKnt5r5N_rhzS0it1-sH_Y7v5EdoQ8gwwQkotRCLaOvA8sUcAdMA6KIDRPdpnNhQARgCFJIj7TljCQKKmQ/s1600/buku+tamu.png') no-repeat; } .gbcontent{ float:left; border:1px solid #B3B3B3; background:#E6E6E6; padding:5px; } </style> <script type="text/javascript"> function showHideGB(){ var gb = document.getElementById("gb"); var w = gb.offsetWidth; gb.opened ? moveGB(0, 30-w) : moveGB(20-w, 0); gb.opened = !gb.opened; } function moveGB(x0, xf){ var gb = document.getElementById("gb"); var dx = Math.abs(x0-xf) > 10 ? 5 : 1; var dir = xf>x0 ? 1 : -1; var x = x0 + dx * dir; gb.style.right = x.toString() + "px"; if(x0!=xf){setTimeout("moveGB("+x+", "+xf+")", 10);} } </script> <div id="gb"> <div class="gbtab" onclick="showHideGB()"> </div> <div class="gbcontent">   <!-- BEGIN CBOX - www.cbox.ws - v001 --> Code CBox milik sampeyan <!-- END CBOX -->  <br/>Mau buat buku tamu ini ?<br/>Klik <a href="http://tjoretan-akoe.blogspot.com/2012/05/panduan-cara-membuat-buku-tamu.html"target="_blank"> di sini </a> <div style="text-align:right"> <a href="javascript:showHideGB()"> [hide] </a> </div> </div> </div> <script type="text/javascript"> var gb = document.getElementById("gb"); gb.style.right = (30-gb.offsetWidth).toString() + "px"; </script>
  5. Lalu kalian ganti kode yang berwarna merah dengan kode "Cbox" sahabat sendiri.
  6. langkah terakhir klik tombol "SAVE / SIMPAN".
Untuk demonstrasinya silahkan Klik Disini.
Nah semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi sahabat "Dunia Informasi" semua, amin.....

--------------------"GOOD LUCK"--------------------

Wednesday, 10 April 2013

Tagged under:

Sejarah Reog Ponorogo


Sejarah dari kesenian Reog ini bermula pemberontakan Ki Ageng Kutu, seorang abdi kerajaan Majapahit pada abad ke-15 dimana pada masa itu kerajaan Majapahit dibawah kekuasaan  Bhre Kertabhumi yang merupakan raja terakhir kerajaan Majapahit. Ki Ageng Kutu murka terhadap perilaku rajanya yang korup, ia pun melihat bahwa kekuasaan Kerajaan Majapahit tak lama lagi akan berakhir. Ia pun pergi meninggalkan kerajaan dan mendirikan sebuah perguruan Seni Bela Diri dengan harapan dapat memunculkan bibit-bibit yang dapat memegang kekuasaan Majapahit kelak. Sadar bahwa pasukan yang dimilinya tidak mampu menandingi pasukan Majapahit maka pesan Politis Ki Ageng Kutu pun disampaikan melalui pertunjukan Reog. Pagelaran Reog dimanfaatkan Ki Ageng Kutu untuk membangun perlawanan masyarakat terhadap kerajaan.

Tuesday, 9 April 2013

Tagged under:

Perbedaan Interface Visual Basic dan Delphi

1. Pemrograman Visual Basic
Visual Basic adalah salah satu bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun suatu aplikasi. Dimana bahasa pemrograman merupakan kumpulan dari instruksi-instruksi yang di fahami computer untuk melakukan tugas – tugas tertentu.
A. Kemampuan Visual Basic
· Menggunakan flatform untuk pembuatan program yang diberi nama Developer Studio, yang memiliki tampilan dan sarana yang sama dengan Visual C++ dan Visual J++
· Memiliki compiler handal yang dapat menghasilkan file executeable yang lebih cepat dan lebih efisien
· Memiliki beberapa tambahan sarana wizard yang baru. Wizard adalah sarana mempermudah di dalam pembuatan aplikasi
· Visual Basic memiliki beberapa versi atau edisi yang disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya
Tagged under:

Aspek Ergonomi Dalam IMK


Pengertian Ergonomi

•         Suatu bidang studi yang mencari atau menangani desain peralatan dan tugas-tugas           yang cocok dengan kapabilitas manusia dan limitnya
•         Faktor kenyamanan kerja
•         Ergonomi harus bisa memahami seluruh keadaan manusia, baik dari segi anatomi, fisiologi, psikologi, engineering, manajemen, dan desain/perancangan untuk membuat desain tugas yang berguna
•         Aturan atau kebijaksanaan dalam bekerja
•         Ramah penggunaan di segala tempat dan bidang
•         Bahwa seorang pekerja yang mengoperasikan banyak peralatan, namun dapat dijangkau dengan mudah.

Tuesday, 2 April 2013

Tagged under:

Free Download 10 Templates Blogger Simple Tapi Keren

Blog keren pastinya juga dilihat dari template yang dipakai, ada banyak sekali template gratis buat di download secara cuma-cuma. Tapi karena kebanyakan pasti juga bingung kan mana yang akan dipakai buat ngeblog. Semakin bagus sebuah template tentunya akan semakin membuat nyaman pembaca untuk terus berkunjung dan membaca artikel yang ditulis.
Hampir semua blog keren pastinya didukung oleh template yang bagus juga. Contohnya ada sebuah blog bernama tryanz yang sangat mantep dalam designnya, yah mungkin agan-agan pernah mengunjunginya? wkwkwk maaf gan hanya ingin mencairkan suasana.
Perlu diketahui pemilihan sebuah template yang cocok dengan artikel yang ditulis dapat membuat tulisan lebih terasa feel-nya. Contoh yang paling gampang adalah blog misteri, tentunya template yang cocok adalah berwarna hitam sehingga mampu menunjukkan kesereman. Nggak lucu kan blog misteri tapi templatenya pink dengan headernya gambar hello kity. Dan semua itu tidak harus berbayar cukup yang gratis aja terutama bagi para pemakai blogspot
Untuk saat ini  tryanz memiliki beberapa pilihan menarik template untuk blogspot yang bisa dimanfaatkan untuk ngeblog. Jadi apa saja itu berikut diantaranya. Monggo dipilih-dipilih!!!

1.  BlueCircle

Klik Download

2.  Boston

Klik Download

3.  BrowniesThemes

Klik Download

4.  HorseRiding

Klik Download

5.  MissingYou

Klik Download

6.  playmariogame

Klik Download

7.  rikkatakanashi

Klik Download

8.  sierra

Klik Download

9.  Boston

Klik Download