Wednesday 20 March 2013

Tagged under:

DEFINISI DARI INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER SERTA KETERKAITANNYA.

        IMK adalah Sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang menggunakan antarmuka (interface). Antar muka manusi dan komputer adalah media yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer untuk memberikan perintah pada komputer.
Program aplikasi terdiri dari 2 bagian :
1. bagian antar muka ( sarana dialog manusia dg komputer)
2. bagian aplikasi ( menghasilkan informasi lewat algoritma)

Media antar muka dibagi menjadi 2:
1. media GUI ( graphical user interface , dengan grafis dan sangat atraktif , misal p-rogram VB, Delphi)
2. media tekstual (hanya berisi teks, misal perintah printf dalam borland C++

Bidang-bidang ilmu yang mendukung pembuatan imk:
  • Teknik Elektronika dan Ilmu Komputer
          Ilmu Komputer pada umumnya dipandang dari sudut :
Hardware : Perangkat keras yang merupakan kumpulan atau terdiri dari komponen-komponen elektronika.
Software : Perangkat lunak merupakan interface bagi manusia dengan komputer agar dapat berinteraksi.
  • Psikologi
        Para perancang sistem aplikasi harus mempertimbangkan aspek psikologi para pemakai (user). Sistem komputer jangan menjadi beban bagi user dalam mengoperasikannya, tetapi berikanlah sistem komputer yang mudah dipahami dan ramah terhadap pemakai (user).
  • Perancangan Grafis dan Tipografi
       Perancanngan Grafis dan tipografis (seni cetak) merupakan suatu keahlian yang sangat dibutuhkan dalam perancangan dialog interaksi manusia denga komputer, sebab rancangan dialog sistem aplikasi berbasis grafis jauh lebih baik bagi user (pemakai) dalam mengoperasikan sistem tersebut.

  • Ergonomik (Lingkungan Kerja)
      Lingkungan kerja sangat mempengaruhi interaksi manusia dengan komputer, seperti kondisi tempat kerja, posisi /letak tempat duduk, suhu ruangan, keamanan dll. Lingkungan kerja yang nyaman dan bersih merupakan harapan setiap pemakai.

  • Antropologi
      Ilmu pengetahuan tentang manusia juga memegang peranan penting dalam sistem interaksi manusia dengan komputer.
Misalnya : Interaksi manusia sangat dipengaruhi oleh teknologi yang digunakannya, sisi lain pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidang masing-masing.

  • Linguistik (Ilmu Bahasa)
        Agar interaksi manusia dengan komputer dapat berlangsung maka diperlukan sarana komunikasi yaitu software, supaya dapat berkomunikasi denga komputer harus mengerti/menguasai salah satu bahasa komputer, misalnya Basic, Fortran, C-Language, Assembly dll.

  • Sosiologi
      Yaitu studi tentang pengaruh interaksi manusia dengan komputer dalam struktur sosial. Misalnya : Kehawatiran pegawai tentang sistem komputer yaitu : Masalah PHK, Mutasi dll.
Sumber : http://nanangchairudin.com/2010/11/18/pengertian-interaksi-manusia-dan-komputerimk/


DEFINISI MENGENAI FAKTOR MANUSIA

        Manusia adalah sebuah sistem penghasil informasi yang sekaligus juga pengguna informasi tersebut. Manusia menerima atau menanggapi informasi melalui saluran input-output dengan berbagai cara. Saluran input-output manusia dikenal dengan indera manusia yang meliputi indera penglihatan (mata), indera pencium atau pembau (hidung), indera pengecap (lidah), indera perasa (kulit), serta indera pendengar (telinga).

        Artikel kali ini akan mencoba membantu menjelaskan tentang saluran input yaitu mata sebagai indera penglihatan dan telinga sebagai indera pendengaran:

  1.         Indera penglihatan manusia adalah mata. Mata terdiri dari dari lensa mata, yang berfungsi menangkap cahaya yang memancar dari sebuah benda dan membuat bayangan benda tersebut kedalam retina. Kemudian saraf-saraf yang ada dalam retina akan memberikan sinyal atau rangsang ke otak dan otak akan menanggapi atau memproses rangsang tersebut dan mengartikannya. Dalam hubungannya dengan Interaksi Manusia dan Komputer, pengaruh mata sangat erat dengan penangkapan suatu objek, hal ini berkatan dengan masalah kemampuan mata dalam :  1. Menerjemahkan sinyal seperti ukuran dan kedalaman (sudut pandang mata terhadap objek yang dipandang dan berhubungan dengan ukuran objek dan jarak objek dari mata). Selain itu  2. Kecerahan juga berpengaruh, karena kecerahan objek yang dilihat secara subjektif bergantung pada suatu tingkat penerangan akan mempengaruhi pandangan terhadap objek, kecerahan ini juga dapat mempengaruhi pengukuran. Serta  3.  Warna terbentuk dari intensitas, saturasi dan warna cahaya yang mengenai objek. Kerucut warna pada mata yang peka terhadap panjang gelombang warna akan menentukan jenis warna objek tersebut. 
  2.          Indera pendengaran manusia adalah telinga. Telinga berfungsi sebagai saluran input untuk sinyal berupa suara. Telinga tedapat dua bagian : Bagian luar berfungsi untuk melindungi telinga bagian dalam dan memperkuat suara, sedangkan telinga bagian tengah berfungsi meneruskan gelombang suara sebagai getara ke telinga bagian dalam yang berfungsi mengirim secara kimiawi yang memberi rangsangan pada syaraf pendengaran. Kaitannya dengan karakteristik suara antara lain : 1. Tinggi rendahnya suara atau frekwensi ditentukan oleh banyaknya getaran atau gelombang dalam satuan waktu. Telinga manusia pada umumnya hanya mampu menangkap suara yang mempunyai frekwensi antara 20Hz s/d 15Hz. 2. Kekerasan suara, ditentukan oleh simpangan getar sumber suara atau amplitudo, semakin besar simpang getar atau amplitudonya semakin keras suara yang dihasilkan. 3. Warna suara atau timbre ditentukan oleh jenis/bahan sumber suara. Sehingga tampak berbeda antara bunyi yang disebabkan oleh benturan kayu misalnya kentongan dengan gamelan yang terbuat dari logam dan dipukul kayu atau alu besi.

 DEFINISI TENTANG INFORMASI TEKNOLOGI

          Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

     Pengolahan, penyimpanan dan penyebaran vokal, informasi bergambar, teks dan numerik oleh mikroelektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi. Istilah dalam pengertian modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang diterbitkan dalam Harvard Business Review, di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa "teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Kita akan menyebutnya teknologi informasi (TI). Beberapa bidang modern dan muncul teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologi web, bioinformatika, ''Cloud Computing'', sistem informasi global, Skala besar basis pengetahuan dan lain-lain.




Keterkaitan IMK / HCI dengan Disiplin Ilmu
  • Computer Science
       Ilmu komputer (Computer Science) mempelajari tentang perancangan aplikasi dan rekayasa atau perancangan antarmuka yang dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. Hal ini berkaitan dengan  pemilihan program bantu pendukung, bahasa pemrograman, teknik pemrograman, serta bidang ilmu komputer lain misalnya pengolahan bahasa alami, struktur data, basis data, dan lain-lain.
  • Cognitive Pyschology
        Mempelajari  tentang memahami sifat dan kebiasaan, persepsi dan pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna. Dalam hal ini  setiap pengguna memiliki sifat yang berbeda satu sama lain sehingga perancang sistem interaksi manusia komputer juga harus mempelajari aspek psikologi pengguna untuk dapat memahami bagaimana pengguna dapat menggunakan sifat dan kebiasaan baiknya, menggunakan  persepsi dan pengolahan kognitif serta keterampilan motorik yang dimilikinya agar dapat menjodohkan mesin dengan manusia untuk mendapatkan kerja sama yang serasi.

  • Social and organisation pyschology
       Mempelajari tentang  pengaruh sistem komputer dalam struktur sosial. Pada intinya ini merupakan konteks dari suatu interaksi, yang membantu pemahaman mengenai konsep interaksi secara luas.

  • Ergonomics and Human Factors
       Mempelajari tentang aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Misalnya letak meja, kursi, monitor, keyboard, mouse, posisi duduk, pengaturan pencahayaan, kebersihan dan berbagai aspek lain akan sangat berpengaruh terhadap interaksi manusia dengan komputer yang digunakan. Saat ini semakin banyak orang yang bekerja di depan terminal komputer untuk jangka waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu untuk pengguna yang demikian perlu dipersiapkan meja kerja yang nyaman, untuk menghindari kemungkinan adanya kecelakaan, naik ringan maupun berat. Meski sifat seorang pengguna dengan pengguna lain berbeda, tetapi mereka pasti menginginkan adanya lingkungan kerja yang nyaman ketika mereka bekerja dengan komputer.

  •  Engineering
        Memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI. Salah satu teknik yang berkaitan dengan IMK yaitu teknik elektronika. Teknik Elektronika Berbicara tentang komputer, khususnya dari sisi perangkat keras, pastilah tidak terlepas dari pembicaraan tentang teknik elektronika. Dalam bidang inilah kita dapat mempelajari banyak sekali aspek yang berhubungan dengan perangkat keras komputer. f. Ergonomik Saat ini semakin banyak orang yang bekerja di depan terminal komputer untuk jangka waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu untuk pengguna yang demikian perlu dipersiapkan meja kerja yang nyaman, untuk menghindari kemungkinan adanya kecelakaan, naik ringan maupun berat. Ergonomik berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Bentuk fisik meja dan kursi kerja, layar tampilan, bentuk papan ketik, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja, dan beberapa aspek lain sangat berpengaruh pada kenyamanan lingkungan kerja. Meski sifat seorang pengguna dengan pengguna lain berbeda, tetapi mereka pasti menginginkan adanya lingkungan kerja yang nyaman ketika mereka bekerja dengan komputer.

  • Desaign
       Mempelajari tentang Perancangan Grafis dan Tipografi Ada kata bijak yang mengatakan bahwa “sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata”. Dalam dunia komputer, kata ini dapat diartikan bahwa gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog yang efektif antara manusia dengan koputer. Keahlian merancang grafik dan tipografi menjadi salah satu junci penting untuk menunjang keberhasilan sistem manusia-komputer. Karena antarmuka yang disusun dapat menjadi lebih luwes dan ampuh.

  • Antrhopology
        Mempelajari tentang memahami cara kerja berkelompok yg masing-masing anggota bekerja sesuai dgn bidangnya. Misalnya interaksi antara teknologi, kerja, dan organisasi. Seperti diketahui, interaksi sangat dipengaruhi oleh teknologi yang digunakan (dalam sebuah kantor). Di sisi lain, antropologi juga dapat memberikan pandangan mendalam tentang cara kerja berkelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai dengan bidang masing-masing.
  • Sociology
       Mempelajari tentang pengaruh sistem manusia komputer dalam struktur sosial. Adanya kekhawatiran sementara orang tentang akan di PHK-nya mereka atau disingkirkannya mereka dari kantor mereka karena adanya otomatisasi kantor sering menjadi bahan yang menarik untuk didiskusikan.

  • Linguistics
       Mempelajari tentang bahasa. Pada saat kita menggunakan komputer, seolah-olah kita sedang melakukan dialog dengan komputer yang ada di hadapan kita. Untuk dapat melakukan dialog, kita memerlukan sarana komunikasi yang memadai. Sarana komunikasi ini berbentuk suatu bahasa khusus, misalnya bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu ataupun bahasa perintah. Linguistik merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari bahasa. Beberapa aspek seperti komputasi linguistik dan teori bahasa formal membentuk bidang khusus dalam ilmu komputer. Sarana komunikasi inilah yang akan mengarahkan pengguna ketika ia berurusan dengan komputer. Peran bahasa yang digunakan sebagai antar muka agar user lebih mudah menggunakan sistem tersebut dan tidak terjadi kesalah pahaman di dalam menggunakannya. Dibutuhkan suatu komposisi bahasa yang sangat baik dan dapat dengan mudah dimengerti oleh user.

  • Artificial Intelligent
        Kecerdasan buatan  bertujuan agar komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia serta menggabungkan cara berpikir manusia dan mesin, untuk mengambil keputusan, memecahkan masalah dan pembelajaran. Faktor kecerdasan buatan mempunyai peran untuk menciptakan suatu sistem yang betul-betul andal, canggih dan menyerupai pola berpikir manusia, misalnya Robot. Selain itu faktor ini menyebabkan perkembangan HCI semakin sulit dibayangkan.


7 comments:

  1. Replies
    1. Terimakasih,,,,,
      baca juga artikel yang laen gan,,,,

      Delete
  2. wah bgus ni postingannya,,,,,
    makash gan infonya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih gan,,,
      baca artikel lainnya juga gan,,,
      moga bermanfaat,,,,

      Delete
  3. Replies
    1. sebelum artikel d'poskan klik tulisan "link" , setelah itu masukkan alamat yang mau di LINK kan.....
      semoga berhasil,,,

      Delete
  4. terimakasih sekali gan telah berbagi informasi yang sangat menarik dan sangat bermanfaat bagi banyak orang, di tunggu infomasi slanjutnya
    sukses terus

    ReplyDelete

Budayakan Berkomentar,,,, karena dengan berkomentar kita aka saling mengenal dan mungkin mampu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang belum terpecahkan dalam pemikiran kita....
Untuk kalian yang belum mempunyai akun GOOGLE / WORDPRESS / OPEN ID atau yang lainnya tapi ingin berkomentar pada postingan ini silahkan pilih "NAME/URL" pada kolom "Beri Komentar Sebagai", untuk URL kalian bisa memasukkan url / alamat facebook/twitter,,, contoh : http://www.facebook.com/nama_facebok
Terimakasih...... Admin