Wednesday 4 January 2012

Tagged under:

Blogging adalah Aksi Inovasi Karya Anak Bangsa

Tak sedikit orang yang merasa bahwa dirinya bukanlah sosok yang kreatif sehingga mereka enggan melakukan aktifitas yang disebut berkarya, seolah mereka pasrah dengan sekedar memposisikan dirinya cukup sebagai penonton saja. Padahal, akan lebih baik bila masing-masing orang itu mau menghasilkan karya dalam segala bentuk demi terciptanya kemandirian diri sendiri ataupun untuk negeri. Hal Apa sajakah yang termasuk Inovasi Karya Anak Bangsa untuk mencapai Kemandirian Nasional? Gak usah cari contoh jauh-jauh, karena salah satu Inovasi Karya itu bisa berupa aktifitas yang biasa disebut dengan blogging.
Blogging atau Ngeblog itu adalah aktifitas yang cukup mudah untuk dilakukan karena pada dasarnya Cuma mengetik alias menulis, nah hari gini siapa yang engak bisa menulis? Semua pasti bisa kan, kecuali para buta aksara, maka dari itu sudah selayaknya warga Indonesia membudidayakan aktifitas blogging. Dan mengapa Blogging termasuk Salah Satu Bentuk Aksi Inovasi Karya Anak Bangsa? Karena:

1. Blogging itu Bebas
Karya itu sifatnya bebas, begitu juga dengan blog, semua orang bebas memilih tema blog sesuai kemauan mereka. Dengan blog seseorang juga bisa menjadi menjadi siapapun yang ia inginkan atau dalam bahasa gaulnya bisa membentuk personal branding. Blog juga tak terbatas untuk mereka- mereka yang mengenal dunia IT saja, blog bebas dan baik digunakan serta cocok dikonsumsi untuk siapapun, entah itu guru, murid, pekerja, pengangguran, iburumahtangga, opa-oma, kuliah gak kuliah, semua tak dilarang untuk blogging.

2. Blogging itu Expresif
Karya adalah salah satu bentuk expresi seseorang, Isi Blog itu sendiri merupakan salah satu bentuk expresi dari penuangan ide seseorang tentang apa yang ia pikirkan atau tentang opininya terhadap sesuatu.

3. Blogging itu Positif
Karya yang baik adalah karya yang positif, dan blog pun bisa menjadi aktifitas positif bagi seseorang sehingga mampu menambah pengetahuan, wawasan dan bahkan mampu memperbanyak relasi atau kenalan. Karena blog itu aktifitas positif untuk itu katakan tidak untuk pornografi dan hindari penistaan SARA.

4. Blogging itu berjiwa Sosial
Sebuah karya biasanya bersifat social atau bisa dinikmati khalayak, nah blog pun bisa dinikmati siapapun dan dimanapun, yang mana para blogger tulus saling berbagi informasi ataupun sekedar cerita. Jika ada sebutan “Guru adalah PAHLAWAN TANPA TANDA JASA”, maka blogger adalah “RELAWAN TANPA TANDA TANYA?”, karena dalam berbagi mereka tidak perlu tanya atau minta ijin pak lurah atau RT/RW, selama ada sesuatu yang dipikirkan dan ingin dibagi maka saat itu juga ia dengan senang hati akan mempublikasikan mahakaryanya. Dari keloyalan masing-masing blogger itu juga tak jarang mereka bergabung dalam suatu komunitas dan mengadakan aktifitas-aktifitas social yang bermanfaat bagi sesama.

5. Bloging itu wujud Kemandirian
Sebagian blogger adalah orang-orang yang mengelola blognya sendiri dengan beragam postingan karya mereka sendiri. Banyak sekali blogger Indonesia yang tampil dengan gaya mereka sendiri-sendiri yang sangat bervariasi, itu menunjukan bahwa sebenarnya kebanyakan orang Indonesia adalah sosok yang pintar berkarya, kreatif dan mandiri.

Sudah banyak karya-karya orang Indonesia dalam bentuk blog, bila ditanya berapa banyak? Ratusan lebih, bahkan ribuan hingga jutaan. Bagaimanapun tampilan blognya atau isi tulisannya, entah itu dianggap jelek atau bahkan jelek banget dan meski hanya sekedar blog pribadi yang tak berbalut hak cipta, tetap saja dianjurkan untuk menyebutnya sebagai karya.

Selain blogging masih banyak lagi contoh bentuk-bentuk inovasi karya anak bangsa yang lainya yang lebih dari sekedar sederhana, misalnya dalam dunia IT, tak jarang kita mendengar orang-orang Indonesia dari berbagai tingkat entah itu SD-SMP-SMA-Mahasiswa mendapat juara kontes-kontes robot tingkat internasional. Bagi yang suka berkarya dalam dunia IT entah itu programming, blogging, gamedesain atau robotic silakan tunjukan karya dengan turut serta di COMPFEST 2011 yang diselenggarakan oleh Mahasiswa/I Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, selain acara kontes juga ada acara seminar,workshop, exhibition yang mengundang komunitas-komunitas yang ada di Indonesia dan juga ada hiburan-hiburannya (baca info lengkapnya di www.compfest2011.com), dengan mengikuti kontes-kontes semacam itu akan melatih keberanian dalam mempublikasikan karya dan siapa tau nantinya berkesempatan menuju kontes tingkat internasional.

Bagi jiwa-jiwa yang berkarya via blogging jangan rendah hati karena merasa ‘hanya mampu membuat karya dalam bentuk tulisan-tulisan diblog’, kegigihan dalam menghasilkan tulisan-tulisan yang berkualitas itu bisa juga menjadi modal untuk turut serta memajukan bangsa Indonesia dengan menampilkan berjuta karya yang berkualitas dengan daya guna nasional maupun internasional. Terima gak terima tulisan dalam sebuah blog adalah salah satu contoh bentuk karya meski hanya sederhana.

Ter-untuk blogger Indonesia: baik-baiklah dalam menghasilkan karya via blogging, buat artikel-artikel yang berkualitas dan satu yang pasti “no copas adalah karya blogging yang sesungguhnya”.

Selamat menunaikan rutinitas blogging, Selamat menulis, selamat berkarya, semoga hari-hari blogging blogger Indonesia senantiasa menyenangkan dan terus semangat!!!!!!!!

0 comments:

Post a Comment

Budayakan Berkomentar,,,, karena dengan berkomentar kita aka saling mengenal dan mungkin mampu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang belum terpecahkan dalam pemikiran kita....
Untuk kalian yang belum mempunyai akun GOOGLE / WORDPRESS / OPEN ID atau yang lainnya tapi ingin berkomentar pada postingan ini silahkan pilih "NAME/URL" pada kolom "Beri Komentar Sebagai", untuk URL kalian bisa memasukkan url / alamat facebook/twitter,,, contoh : http://www.facebook.com/nama_facebok
Terimakasih...... Admin