Wednesday 25 January 2012

Tagged under:

Ciri- Ciri Kerusakan pada Laptop/ Notebook

Ada beberapa ciri yang ada pada kerusakan Laptop dan sering sekali kita jumpai. Dan pada postingan kali ini saya akan share beberapa ciri – ciri kerusakan yang ada pada Laptop/ Notebook. Biasanya kerusakan tersebut sering kita jumpai sebagai tahapan awal dari servis laptop/ notebook.

Berikut adalah ciri kerusakan laptop/ notebook :
• Kerusakan LCD Laptop / Notebook : Layar tidak tampil gambar, menyala tapi keluar garis-garis vertikal, tampak blok hitam, dan gambar tidak simetris / acak. Solusi : coba di cek terlebih dahulu konektor ataupun soket-soket yg berhubungan dengan monitor.
• Ciri Kerusakan Keyboard Laptop / Notebook : Beberapa tuts tidak berfungsi, keluar bunyi beep panjang pada saat laptop dinyalakan, cursor berjalan tidak stabil / bergerak sendiri. Kerusakan yang lebih parah : biasanya konslet dan ini menyebabkan Laptop / Notebook setelah booting, restart-restart terus.
• Ciri Kerusakan Memory Laptop / Notebook : Pada saat dihidupkan tidak tampak tampilan sama sekali, blue screen pada saat mulai loading Operating System. Bisa juga keluar suara beep berulang-ulang.
• Ciri Kerusakan Motherboard / IC regulator Laptop / Notebook : Dihidupkan agak sulit, batere tidak mau discharge, Mati Total. Indikator charger nyala, setelah dicarge lampu indikator pada charger mati (konslet). Jadi terjadi arus balik pada powernya. Kerusakan ini sering terjadi.
• Ciri Kerusakan Charger Laptop / Notebook : Baterai tidak mau di charge, tidak ada indikator masuk power, laptop di charge posisi hidup malah kemudian mati. Layar bergetar tidak stabil.
• Ciri Kerusakan DVD / CD room Laptop / Notebook : Tidak mau membaca CD/ DVD, indikator CD/DVDV off.
• Ciri Kerusakan Hardisk Laptop / Notebook : Loading data / System lambat, berbunyi tidak normal, tidak bisa masuk windows, belum sampai login windows sudah restart sendiri.
• Ciri Kerusakan Chipset / VGA Laptop / Notebook : Layar tidak tampil, kalaupun tampil tidak mau akses ke Bios. Ada terdengar suara beep secara beraturan. Penjelasan di atas merupakan cirri-ciri kerusakan yang sering terjadi pada laptop / notebook secara hardware.
Selain kerusakan secara hardware seperti yang saya sebutkan di atas, kerusakan laptop/ notebook juga sering terjadi karena pengaruh software.

Ciri – ciri kerusakan laptop/ notebook secara software :
1. Tidak mau booting ke OS
2. Pada Loading awal desktop banyak informasi error
3. Proses Loading sangat Lambat
4. Tidak bisa membuka Aplikasi
5. Flasdisk Tidak bisa di baca
6. Folder Option pada Explorer Tidak bisa di buka
7. File regedit tidak bisa di eksekusi
Nah, di atas adalah beberapa ciri – ciri kerusakan pada laptop/ notebook baik secara software maupun hardware. Semua hal di atas tidak akan kita peroleh apabila kita menjaga dan mera wat dengan baik laptop/ notebook kita dengan benar.

0 comments:

Post a Comment

Budayakan Berkomentar,,,, karena dengan berkomentar kita aka saling mengenal dan mungkin mampu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang belum terpecahkan dalam pemikiran kita....
Untuk kalian yang belum mempunyai akun GOOGLE / WORDPRESS / OPEN ID atau yang lainnya tapi ingin berkomentar pada postingan ini silahkan pilih "NAME/URL" pada kolom "Beri Komentar Sebagai", untuk URL kalian bisa memasukkan url / alamat facebook/twitter,,, contoh : http://www.facebook.com/nama_facebok
Terimakasih...... Admin