Monday 19 May 2014

Tagged under:

Hari Ini Mendikbud Akan Umumkan Hasil UN SMA 2014


Jakarta, Kemdikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh hari ini, Senin (19/05/2014), akan memberikan penjelasan tentang hasil Ujian Nasional (UN) SMA/MA dan SMK/MAK 2014. Pengumuman kelulusan siswa sendiri akan dilakukan besok, Selasa (20/05/2014).


Konferensi pers mengenai hasil UN SMA/MA dan SMK/MAK tahun 2014 akan berlangsung di Gedung Ki Hajar Dewantara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pada Senin (19/05/2014), pukul 11.00 WIB. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Mendikbud akan memaparkan hasil ujian nasional mengenai tingkat kelulusan, nilai setiap mata pelajaran secara nasional, peraih nilai UN tertinggi (sekolah dan siswa), hingga daerah (provinsi, kabupaten atau kota) yang mendapat nilai UN tertinggi dan terendah.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan, dalam Pasal 68 dijelaskan bahwa hasil ujian nasional digunakan sebagai salah satu pertimbangan untuk empat hal, yaitu pemetaan mutu program dan/atau satuan pendidikan, dasar seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya, penentuan kelulusan peserta didik dari program dan/atau satuan pendidikan, serta pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Terkait dugaan terjadinya kebocoran kunci jawaban UN, Mendikbud mengatakan jika benar itu terjadi, tidak serta merta semua anak yang menerima kunci jawaban akan menggunakannya dalam menjawab soal UN. “Insyaallah Senin saya tunjukkan hasil analisis bahwa tidak serta merta dengan adanya kecurangan, maka anak (siswa) semuanya ikut curang,” ujarnya usai serah terima hasil UN SMA 2014 ke Panitia SNMPTN 2014 di Kantor Kemdikbud, Jumat (16/05/2014).

Mendikbud juga menegaskan, jika ada oknum guru atau kepala sekolah yang teridentifikasi melakukan kecurangan, maka kasusnya akan diproses. “Kami akan bilang ke pemerintah daerah untuk memberikan sanksi seberat-beratnya,” tegasnya. (Desliana Maulipaksi)

1 comments:

  1. terus psting info2 yg bermanfaatnya gan
    senang bisa berkunjung ke blog anda
    terimakasih banyak

    ReplyDelete

Budayakan Berkomentar,,,, karena dengan berkomentar kita aka saling mengenal dan mungkin mampu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang belum terpecahkan dalam pemikiran kita....
Untuk kalian yang belum mempunyai akun GOOGLE / WORDPRESS / OPEN ID atau yang lainnya tapi ingin berkomentar pada postingan ini silahkan pilih "NAME/URL" pada kolom "Beri Komentar Sebagai", untuk URL kalian bisa memasukkan url / alamat facebook/twitter,,, contoh : http://www.facebook.com/nama_facebok
Terimakasih...... Admin