Thursday, 25 September 2014

Tagged under: , ,

Fenomena Bintang Jatuh Menurut Ilmu Astronomi Vs Ilmu Islam

halo sobat, balik lagi nih, lama gag nulis, jadi lupa gimana caranya nulis,,, hehehehe becanda,,,,
yak kali ini aku akan sedikit bercerita tentang BINTANG JATUH, pasti udah pernah lihat kan bintang jatuh? , kenapa aku ingin share hal yang seperti ini? , jawabannya simpel hehehehe

jadi gini kemaren malam saat jalan ma adek tiba-tiba ada bintang jatuh dan adek ngomong "mas ada bintang jatuh, mas mau permintaan apa?" , nah loh ada bintang jatuh kok malah minta-minta,,, hehehehe trus aku jawab "kmu aja yang mita, mas berdoa aja biar permintaanmu dikabulin ALLAH SWT" cie cie hahahahag so sweet gag sih, nah dari situlah aku berfikir bahwa mitos mengucapkan suatu permintaan disaat ada bintang jatuh masih melekat pada mereka yang mempercayainya.

memang dulu waktu aku masih anak-anak juga percaya bahwa jika kita mengucap sebuah permintaan pada saat ada bintang jatuh pasti akan dikabulin, tapi itu dulu sekarang lebih berdoa aja, hehehehe
memang mitos tentang permintaan dan bintang jatuh sangatlah fenomenal entah darimana mitos itu berasal dan sejak kapan mulai dipercaya aku pun kurang tau, meskipun jaman sudah semodern seperti sekarang ini tapi nyatanya mitos tersebut tidak pudar oleh modernnya jaman, lalu apa sih sebenarnya bintang jatuh itu?, haduuuuh ni yang nulis agag apnesia kali ya, yang namanya bintang jatuh itu ya bintang yang jatuh (kejadia alam),,,,,   mungkin banya dari kalian yang berfikir seperti itu, namun taukah kalian menurut yang saya tau bintang jatuh sebenarnya bukanlah bintang yang jatuh, bintang jatuh menurut ilmu astronomi adalah sebuah komet yang bergesekan dengan atmosfir dan pada akhirnya menimbulkan percikan api, tapi lain lagi dalam ilmu islam, sepengetahuan aku bintang jatuh menurut islam adalah panah api yang memburu setan yang telah mencuri rahasia ALLAH SWT, kedua pernyataan diatas berdasarkan apa yang pernah saya baca dan saya dengar dari orang-orang, lalu apa kalian percaya, up to you? itu semua terserah kalian, karena masing-masing pribadi memiliki kepercayaan dan pendapat yang berbeda-beda. oke langsung saja kita bahas dari setiap penyataan saya diatas.

  • BINTANG JATUH MENURUT ILMU ASTRONOMI
Astronomi ialah cabang ilmu alam yang melibatkan pengamatan benda-benda langit (seperti halnya bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, atau galaksi) serta fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi (misalnya radiasi latar belakang kosmik (radiasi CMB)). Ilmu ini secara pokok mempelajari pelbagai sisi dari benda-benda langit — seperti asal-usul, sifat fisika/kimia, meteorologi, dan gerak — dan bagaimana pengetahuan akan benda-benda tersebut menjelaskan pembentukan dan perkembangan alam semesta.

Dan yang katanya Bintang jatuh sebenarnya adalah meteor, jadi begini dilangit terdapat ribuan bahkan juataan benda yang melayang, mulai dari planet, bintang, batuan (meteor), bintang-bintang dan bahkan satelit. dan meteorlah sang bintang jatuh tersebut, dimana meteor terkadang bergerak mendekati bumi, dan pada akhirnya akan tertarik oleh gravitasi bumi, namun sebelum menyetuh bumi sang meteor akan bergesekan dengan atmosfir dimana akibat gesekan yang begitu dasyatnya sehingga menimbulkan percikan api yang biasa disebut bintang jatuh bagi orang awam.

 lalu apa meteor akan menghantam bumi setelah bergesekan dengan atmosfer?

itu tergantung dari ukuran sang meteor sebelum bergesekan dengan atmosfir, pada saat bergeseekan ukuran meteor akan berkurang dan semakin mengecil dan bahkan habis, namun dibeberapa kasus ada meteor yang lolos dari gesekan akibat ukuran yang begitu besar dan akhirnya menghantam bumi.

jadi kesimpulannya BINTANG JATUH sebenarnya hanyalah meteor yang bergesekan dengan atmosfer.

  • BINTANG JATUH MENURUT ILMU ISLAM

lalu bagaimana menurut pandangan islam, yang saya tau bintang jatuh merupakan panah api yang memburu setan-setan yang telah mencuri rahasia ALLAH SWT, dan ayatnya pun ada, berikut ayat" yang menjelaskan tentang hal itu :

“Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan gugusan bintang-bintang (di langit) dan Kami telah menghiasi langit itu bagi orang-orang yang memandang (nya). Dan Kami menjaganya dari tiap-tiap setan yang terkutuk. Kecuali setan yang mencuri-curi (berita) yang dapat didengar (dari malaikat) lalu dia dikejar oleh semburan api yang terang.” (QS. Al Hijr [15] : 16-18).

Dan mengenai setan-setan yang mencuri rahasia AALAH SWT itu, diperkuat dengan ayat berikut :

“Dan sesungguhnya kami (Setan/Jin) telah mencoba mengetahui (rahasia) langit, maka kami mendapatinya penuh dengan penjagaan yang kuat dan panah-panah api. Dan sesungguhnya kami (Setan/Jin) dahulu dapat menduduki beberapa tempat di langit itu untuk mendengar-dengarkan (berita-beritanya), Tetapi sekarang barang siapa yang (mencoba) mendengar-dengarkan (seperti itu) tentu akan menjumpai panah api yang mengintai (untuk membakarnya). Dan sesungguhnya kami tidak mengetahui (dengan adanya penjagaan itu) apakah keburukan yang dikehendaki bagi orang yang di bumi ataukah Tuhan mereka menghendaki kebaikan bagi mereka.“ (QS. Al Jin [72] : 8-10).

nah demikian lah penjelasan tentang FENOMENA BINTANG JATUH MENURUT ILMU ISLAM VS ILMU ASTRONOMI, bagaimana menurut anda, sekarang kembali kepada masing-masing pribadi untuk mempercayai yang mana, oiya satu lagi untuk permintaan saat ada bintang jatuh tersebut hanyalah mitos, saran saya lebih baik kita berdoa jika melihat bintang jatuh bukan malah minta yang aneh-aneh...

mungkin itu saja yang dapat saya share, semoga bermanfaat.....

4 comments:

  1. terimakasih atas informasinya
    di tunggu informasi selanjutnya

    ReplyDelete
  2. mantasp sekali info yang di share
    semoga blogagan tambah maju

    ReplyDelete
  3. bagus dan mudah di pahami info nya
    terus berkarya gan
    terimakasih

    ReplyDelete

Budayakan Berkomentar,,,, karena dengan berkomentar kita aka saling mengenal dan mungkin mampu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang belum terpecahkan dalam pemikiran kita....
Untuk kalian yang belum mempunyai akun GOOGLE / WORDPRESS / OPEN ID atau yang lainnya tapi ingin berkomentar pada postingan ini silahkan pilih "NAME/URL" pada kolom "Beri Komentar Sebagai", untuk URL kalian bisa memasukkan url / alamat facebook/twitter,,, contoh : http://www.facebook.com/nama_facebok
Terimakasih...... Admin