Thursday 27 November 2014

Tagged under: , ,

Bersiap Untuk Menantikan Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

     Setelah gerhana bulan total yang dapat disaksikan di seluruh Indonesia pada 8 Oktober 2014 lalu, banyak yang bertanya: "Kapan giliran gerhana matahari total bisa disaksikan di Indonesia?"

Wilayah Indonesia akan dilalui jalur gerhana matahari total pada 9 Maret 2016. Sekitar 1 tahun + 3 bulan dari sekarang. Ya, waktu 1 tahun + 3 bulan memang terkesan masih sangat lama. Namun, tunggu hingga Kalian tahu fakta berikut..

Gerhana matahari total 9 Maret 2016 HANYA dapat diamati di wilayah yang dilalui jalur biru pada gambar terlampir. Sedangkan di wilayah yang berada di luar jalur biru TIDAK dapat menyaksikan gerhana matahari total dan hanya dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian.

Dengan begitu, di Indonesia, gerhana matahari total 9 Maret 2016 HANYA dapat diamati di sebagian kecil Sumatera, sebagian kecil Kalimantan, sebagian kecil Sulawesi dan Maluku.

Dengan begitu di seluruh Jawa, seluruh Bali, seluruh Nusa Tenggara, seluruh Papua, sebagian besar Sumatera, sebagian besar Kalimantan dan sebagian besar Sulawesi TIDAK dapat menyaksikan gerhana matahari total dan hanya dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian.

Meski sama-sama gerhana matahari, tentu gerhana matahari total berbeda dengan gerhana matahari sebagian. Pada gerhana matahari total, terjadi pula gerhana matahari sebagian yaitu saat sebelum dan sesudah fase total. Sedangkan pada gerhana matahari sebagian tidak terjadi gerhana matahari total.

Selain itu, pada gerhana matahari total piringan matahari akan tertutupi seluruhnya oleh piringan bulan. Praktis pada saat itu seluruh cahaya dari fotosfer matahari akan terhalang dan menimbulkan efek "malam semu" seketika. Sayangnya fenomena ini tidak terjadi pada gerhana matahari sebagian.

Bagi yang berada di luar jalur biru tetapi ingin menyaksikan gerhana matahari total dengan segala kelebihannya dibanding gerhana matahari sebagian, maka ada beberapa opsi:

1) Kecewa dan menangis.
2) Berusaha tegar dan menunggu gerhana matahari total di Indonesia berikutnya sekitar 40 tahun lagi.
3) Pergi ke jalur biru untuk menyaksikan sendiri gerhana matahari total 9 Maret 2016.

Bagi yang memilih opsi 1 dan 2, tidak ada pembahasan lebih lanjut. *Skip*

Bagi yang memilih "menjemput bola" pergi ke jalur biru, maka silahkan diusahakan dalam waktu 1 tahun + 5 bulan ini:

- Berdo'a supaya diberi umur hingga dapat mengamati sendiri gerhana matahari total 9 Maret 2016.
- Izin ke orang tua bagi yang masih remaja atau lebih baik diajak saja sekalian orang tua-nya.
- Bergabung ke komunitas astronomi terdekat untuk mendapat teman seperjalanan dan informasi lebih lanjut.
- Biaya transportasi hingga akomodasi. Estimasikan biayanya sendiri. Biayanya mungkin akan mahal, terlebih yang harus ke luar pulau, jadi gunakan waktu ini untuk menabung dan mencari recehan.
- Dan hal-hal teknis lainnya.

Hingga saat ini, kemungkinan besar Pulau Bangka Belitung akan menjadi pusat pengamatan gerhana matahari total 9 Maret 2016 di Indonesia. Pulau ini dipilih karena memiliki pesisir pantai yang luas sehingga medan pandangnya akan sangat luas.

Lebih dari itu, Bangka Belitung dengan pantai berbatu yang eksotis dan panorama daratan yang mempesona akan memanjakan mereka yang telah bersusah payah menuju tempat ini. Dan, semoga kita termasuk diantaranya.

Mari bersiap untuk gerhana matahari total 9 Maret 2016!

NB: Tolong bantu sebarkan informasi ini supaya semakin banyak pecinta fenomena astronomis yang bisa mempersiapkan diri untuk menyaksikan gerhana matahari total 9 Maret 2016. Semoga dengan semangat berbagi, langkah kita pun dimudahkan!


sumber : kalender astronomi

0 comments:

Post a Comment

Budayakan Berkomentar,,,, karena dengan berkomentar kita aka saling mengenal dan mungkin mampu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang belum terpecahkan dalam pemikiran kita....
Untuk kalian yang belum mempunyai akun GOOGLE / WORDPRESS / OPEN ID atau yang lainnya tapi ingin berkomentar pada postingan ini silahkan pilih "NAME/URL" pada kolom "Beri Komentar Sebagai", untuk URL kalian bisa memasukkan url / alamat facebook/twitter,,, contoh : http://www.facebook.com/nama_facebok
Terimakasih...... Admin