Friday 12 April 2013

Tagged under:

Cara Mematikan Klik Kanan Pada Blog Dengan Mudah.

         Kali ini saya akan sedikit share trik-trik blog yaitu tentang “cara mencegah copy paste pada blog”, kalau menurut saya sih hal ini tidak terlalu penting, merupakan satu keuntungan tersendiri bila artikel kita di copas (copy paste), apa lagi bila Sahabat "Dunia Informasi" yang copas mau mencantumkan sumber dari artikel tersebut, bisa menambah back link kan.

Namun bagi Sahabat "Dunia Informasi" yang merasa bahwa artikel Sahabat "Dunia Informasi" sangat penting dan tidak rela untuk di copy paste, mungkin hal ini cukup berguna untuk dilakukan. akan tetapi cara tersebut tidak melindungi content blog Sahabat "Dunia Informasi" sepenuhnya, stidaknya cukup membuat orang yang berniat copas sedikit bingung apabila dia seorang newbie, karena sebenarnya ada jalan lain untuk bisa meng-copas artikel blog sekalipun sudah dilindungi dengan script anti copas.

Langsung saja deh Sahabat "Dunia Informasi", kali ini untuk melindungi blog di blogger (blogspot) dari dari copy paste adalah dengan mendisable right click, atau lebih dikenal dengan mematikan klik kanan. Berikut tutorial cara mematikan klik kanan pada blogspot.
  1. Login terlebih dahulu ke Blogger.com
  2. Dari halaman Dashboard, silahkan Sahabat "Dunia Informasi" menuju ke Tata Letak > Edit HTML
  3. Lalu cari kode <body> atau <body (dengan bantuan tekan Ctrl+F atau F3)
  4. Tambahkan kode dibawah ini ke dalam kode <body> atau <body tadi, atau bisa juga di ganti sekalian.

<body oncontextmenu='return false' onmousedown='return false' onselectstart='return false' onkeypress='return false'>

Sahabat "Dunia Informasi" juga bisa menggunakan beberapa tambahan kode saja, atau semuanya juga boleh, terserah kebutuhan anda.

Berikut penjelasan dari kode-kode diatas:

oncontextmenu='return false' (untuk mematikan klik kanan mouse) 
onmousedown='return false' (untuk mematikan klik blok ke bawah)
onselectstart='return false' (untuk mematikan seleksi blok)
onkeypress='return false' (untuk mematikan tombol keyboard)

Jika sudah, Simpan Template blog sahabat "Dunia Informasi". Untuk demonstrasinya silakan sobat lihat di sini DEMO.

Selamat mencoba dan semoga berhasil sahabat.

0 comments:

Post a Comment

Budayakan Berkomentar,,,, karena dengan berkomentar kita aka saling mengenal dan mungkin mampu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang belum terpecahkan dalam pemikiran kita....
Untuk kalian yang belum mempunyai akun GOOGLE / WORDPRESS / OPEN ID atau yang lainnya tapi ingin berkomentar pada postingan ini silahkan pilih "NAME/URL" pada kolom "Beri Komentar Sebagai", untuk URL kalian bisa memasukkan url / alamat facebook/twitter,,, contoh : http://www.facebook.com/nama_facebok
Terimakasih...... Admin