Thursday, 13 June 2013

Tagged under:

Sudah Aktifkah E-KTP Kalian…..????

Assalamu’alaikum Wr. Wb. 

Elektronik- KTP atau yang biasa disebut E-KTP, mungkin kalian semua sudah memilikinya bukan, tapi satu pertanyaan saya,,,,,
Sudah aktifkah E-KTP kalian…..???? 

Pasti kalian semua bertanya-tanya dalam hati “Buat apa diaktifin….?
memang banyak dari masyarakat yang belum tau tentang penggunaan E-KTP di masa mendatang, yah E-KTP di masa mendatang sangatlah berguna, di masa mendatang semua instansi yang melakukan pekerjaan dan yang wajib menggunakan KTP akan dimudahkan dengan adanya E-KTP tersebut, bukan hanya Instansi tetapi juga semua masyarakat yang menggunakanya, bahwasanya di masa mendatang masyarakat tidak perlu lagi mem-Fotocopy E-KTP mereka untuk semua urusan yang wajib menggunakan E-KTP untuk persyaratannya, namun mereka cukup membawa E-ktp mereka dan menunjukkan kepada pihak instansi yang bersangkutan, dan nantinya pihak instansi cukup menggunakan alat khusus pembaca data E-ktp untuk melihat data yang tersimpan dalam chip E-ktp tersebut, namun jika E-ktp anda belum diaktifka maka data anda tidak bias terbaca, dan anda wajib mengaktifkannya. 

Jadi dapat disimpulkan bahwasanya di setiap instansi yang ada di Negara ini wajib memiliki alat pembaca data E-ktp, dan bagi masyarakat wajib mengaktifkan E-ktp mereka agar dapat dibaca oleh alat yang ada di setiap kantor instansi. 

Lalu bagaimana cara mengaktifkan E-ktp tersebut…??? 

Nah jawabanya simple, saat ini pemerintah Indonesia sudah mulai memberikan pelayanan pengaktifan E-ktp. Pengaktifan E-ktp tersebut dapat dilakukan di tiap-tiap Kecamatan yang ada di seluruh Indonesia, tidak ada persyaratan khusus untuk melakukan pengaktifan E-ktp tersebut, bagi pemegang E-ktp yang belum pernah diaktifkan sebelumnya cukup datang ke Kecamatan yang ada di daerahnya dengan membawa E-ktp mereka masing-masing, dan satu yang perlu di ingat, untuk pengaktifan E-ktp tersebut TIDAK DAPAT DIWAKILKAN. Jadi setiap warga yang sudah memiliki E-ktp wajib dating sediri ke Kecamatan untuk mengaktifkan E-ktp. 

Lalu bagaimana dengan warga yang sedang pergi keluar kota ataupun ke luar pulau untuk waktu yang tidak bias ditentikan…??? 

Bagi warga yang sedang pergi ke luar kota ataupun keluar pulau tidak perlu panik, karena E-ktp dapat diaktifkan di luar daerah tempat kita tinggal, jadi jika anda pergi ke Kalimantan untuk bekerja dan anda bukan warga Kalimantan (misalkan warga JATIM) anda masih bisa mengaktifkannya di Kecamatan tempat anda bekerja saat ini, anda cukup membawa E-ktp anda ke Kecamatan yang anta tempati saat ini. 

Nah mudah kan cara pengaktifannya,,,, 

Makanya ayo kita sama-sama mengaktifkan E-ktp kita guna untuk mempermudah kita dalam penggunaan E-ktp,,,,,
Cukup sekian Informasi dari aku, dan jangan lupa baca juga Pelayanan Perekaman E-KTP Segera Berakhir dan Bahaya Fotocopy / Scan E-KTP Karena Bisa Merusak Chip...

Salam sejahtera bagi sobat-sobat Dunia Informasi  semua,,,,, 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

28 comments:

  1. Kalo soal isu e-ktp tidak bisa difotocopy itu bener apa nggak gan? Sy dah punya e-ktp cuma blm pernah kena fotocopy aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk fotocopy/scaning e-KTP dari pemerintah memang dilarang gan, larangan tersebut tercantum dalam Surat Edaran Menteri Dalam Negeri No. 471.13/1826/SJ,,,,
      mungkin lebih jelasnya silahkan agan klik link "Bahaya Fotocopy / Scan E-KTP Karena Bisa Merusak Chip" agan bisa cari di bagian paling bawah dalam postingan ini,,,,
      namun karena kurangnya sosialisasi dari pihak-pihak yang bersangkutan dan minimnya alat pembaca e-KTP saat ini masyarakat banyak yang terlanjur memfotocopy,,,,
      ada sebuah kasus e-KTP milik pegawai kecamatan di daerah saya dilaminating, dan hasilnya chip e-KTP tesebut rusak dan tidak bisa dibaca oleh card reader, chip rusak karena panas yang ditimbulkan oleh alat laminating, namun untuk kasus karena fotocopy saya belum pernah menemukan,,,,

      Delete
  2. Replies
    1. Silahkan gan,,,,
      semoga coretan saya dapat bermanfaat bagi semuanya.....
      jangan lupa baca artikel lainnya juga....
      terimakasih.

      Delete
  3. Berarti kalau sudah punyak e-ktp gak usah perlu photo copy lagi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk saat ini masih memberlakukan fotocopy gan,,, soalnya terkendala dengan alat pendeteksian E-KTP nya,,,

      Delete
  4. Mas mau nanya, klw nik d ktp nya pas di cek keluar nama orang. Itu gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dicek di kantor dukcapil dengan membawa kk dan ktp,,, dan saran agar kk selalu diperbaharui,, karena pernah juga ada kejadian nik tidak sama di kk karena kk tidak diperbaharui cukup lama..

      Delete
  5. Kak...apa benar bisa aktifkan di kecamatan terdekat..soalnya e ktp saya lampung...saya di jakarta selatan...e ktp saya blm aktif....dan kata tmn saya kalau mau aktifin harus ke dinas kependudukan dan pencatatan sipil di s.parman jakarta barat ...bagaimana sih yg sbnenarnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut info yg saya dapat saat ini sudah bisa diaktifkan dimana saja sist,,

      Delete
  6. Saya coba cek nik...tapi data tidak ditemukan..kira kira kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan datanya ganda,,, atau data nik dengan idientitas tidak cocok (ada kesalahan waktu input nik), mohon cek langsung di kantor UPTD DUKCAPIL kecamatan sist...

      Delete
  7. Ktpku fisiknya sudah jelek.....tapi tidak rusak....gimana ya, istilah jawanya mbladus, karena kegesek gesek dengan kartu lain saat disimpan

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kerusakan e-KTP bisa menggati dengan yang baru,,, tinggal datang ke kantor DUKCAPIL dengan membawa KK dan KTP yg rusak,,,

      Delete
  8. masalahnya gk semua instansi menggunakan alat khusus pembaca data E-ktp,, paling ujung2.a dsuruh fotocopy jg.. kn bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang untuk saat ini belum banya instansi yg menggunakan alat pendeteksi e-KTP, tapi alangkah baiknya di aktifkan saat ini,,, kalo menunggu-nunggu nanti pas waktunya aktifasi malah antri kan ribet... pengalaman waktu perekaman kemarin banyak yg menunda-nunda perekaman, setelah pemerintah tidak lagi memberlakukan KTP lama akhirnya banya warga yg melakukan perekaman, dan alhasil harus ngantri berjam-jam...

      Delete
  9. Istri sy dl sblm nikah tinggal dikalteng ikut pakdenya, & sdh pny e ktp kalteng tp blm diaktifkan, kemudian nikah dengan sy & dia bikin ktp model lama lg diwonogiri. Setelah nikah kami tinggal ditangerang, nah bikinlah kk baru ditangerang dgn pedoman NIK yg dr wonogiri, apakah istri sy hrs bikin e ktp dgn NIK baru, atau dgn NIK lama yg dikalteng yg blm di aktivasi? Jika hrs pindah dr kalteng ke tangerang gmn prosedurnya? Secara faktanya pengantar pindah & buku nikahnya dr daerah wonogiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk NIK seharusnya satu orang hanya memiliki satu NIK, jika sudah ber KTP-el seharusnya NIK yg dipakai adalah NIK KTP-el karena datanya sudah terekam,,, untuk prosedur pindah harus melalui kantor kelurahan sesuai KTP-el,, dan setelah pindah maka harus mengganti data dan FISIK KTP-el dengan alamat dan status yg baru,,,

      Delete
  10. Saya dari kacamatan malah di suruh ke Kbb dengan sbutan no nik belum terdaftar harus ke kbb dulu trus dri kbb malah di acuhin,dengan berkata petugas nya sedang tidak ada , aneh banget . Gimana nih saya kesel.sma pegawai2 kaya gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk NIK tidak terdata kemungkinan memang data belum diinputkan/ data belum diperbaharui,,, maka harus datang langsung ke kantor DUKCAPIL KABUPATEN untuk memperbaharui data,,, jika laporan agan tidak di layani maka laporkan saja ke atasannya gan,,,insya'allah akan segera dilayani...

      Delete
  11. Kl yg sudah terlanjur di fotocopy atau dilaminating krn ektp nya terpisah jd 2.
    Gimana tuh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk dilamilating saya sangat tidak menyarankan apapun alasannya,,, karena bisa merusak fisik dan chip KTP-el,,, dan jika terlanjur rusak maka bisa mengganti fisik KTP-el dengan yang baru di kantor DUKCAPIL...

      Delete
  12. Kan kalau lamar pekerjaan persyaratannya harus fotocopy KTP ?

    Gimana penjelasan abang tentang pertanyaan saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk saat ini memang banyak instansi yg belum menggunakan alat pengecek data KTP-el, bahkan belum ada didaerah saya,,, jadi difotocopy saja, memang kemarin pemerintah melarang untuk difotocopy namun saat ini kan juga alat pengeceknya belum ada jadi bisa dimaklumi,,,

      Delete
  13. Kak.. Pengaktifan E-ktp Ada batas waktu tidak yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada kak,,, tapi alangkah lebih baiknya segera diaktifkan dari pada nantinya harus di aktifkan bersama-sama dan ngantri kan rugi waktu..

      Delete
  14. saya udah aktifkan e ktp di kec tp lom aktif jga knpa yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sudah diaktifkan seharusnya sudah aktif gan.... untuk pengecekan aktif tidaknya memang memerlukan alat khusus, dan saat ini alatnya belum banyak yg menggunakan...

      Delete

Budayakan Berkomentar,,,, karena dengan berkomentar kita aka saling mengenal dan mungkin mampu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang belum terpecahkan dalam pemikiran kita....
Untuk kalian yang belum mempunyai akun GOOGLE / WORDPRESS / OPEN ID atau yang lainnya tapi ingin berkomentar pada postingan ini silahkan pilih "NAME/URL" pada kolom "Beri Komentar Sebagai", untuk URL kalian bisa memasukkan url / alamat facebook/twitter,,, contoh : http://www.facebook.com/nama_facebok
Terimakasih...... Admin