Thursday, 13 June 2013

Tagged under:

Sudah Aktifkah E-KTP Kalian…..????

Assalamu’alaikum Wr. Wb. 

Elektronik- KTP atau yang biasa disebut E-KTP, mungkin kalian semua sudah memilikinya bukan, tapi satu pertanyaan saya,,,,,
Sudah aktifkah E-KTP kalian…..???? 

Pasti kalian semua bertanya-tanya dalam hati “Buat apa diaktifin….?
memang banyak dari masyarakat yang belum tau tentang penggunaan E-KTP di masa mendatang, yah E-KTP di masa mendatang sangatlah berguna, di masa mendatang semua instansi yang melakukan pekerjaan dan yang wajib menggunakan KTP akan dimudahkan dengan adanya E-KTP tersebut, bukan hanya Instansi tetapi juga semua masyarakat yang menggunakanya, bahwasanya di masa mendatang masyarakat tidak perlu lagi mem-Fotocopy E-KTP mereka untuk semua urusan yang wajib menggunakan E-KTP untuk persyaratannya, namun mereka cukup membawa E-ktp mereka dan menunjukkan kepada pihak instansi yang bersangkutan, dan nantinya pihak instansi cukup menggunakan alat khusus pembaca data E-ktp untuk melihat data yang tersimpan dalam chip E-ktp tersebut, namun jika E-ktp anda belum diaktifka maka data anda tidak bias terbaca, dan anda wajib mengaktifkannya. 

Jadi dapat disimpulkan bahwasanya di setiap instansi yang ada di Negara ini wajib memiliki alat pembaca data E-ktp, dan bagi masyarakat wajib mengaktifkan E-ktp mereka agar dapat dibaca oleh alat yang ada di setiap kantor instansi. 

Lalu bagaimana cara mengaktifkan E-ktp tersebut…??? 

Nah jawabanya simple, saat ini pemerintah Indonesia sudah mulai memberikan pelayanan pengaktifan E-ktp. Pengaktifan E-ktp tersebut dapat dilakukan di tiap-tiap Kecamatan yang ada di seluruh Indonesia, tidak ada persyaratan khusus untuk melakukan pengaktifan E-ktp tersebut, bagi pemegang E-ktp yang belum pernah diaktifkan sebelumnya cukup datang ke Kecamatan yang ada di daerahnya dengan membawa E-ktp mereka masing-masing, dan satu yang perlu di ingat, untuk pengaktifan E-ktp tersebut TIDAK DAPAT DIWAKILKAN. Jadi setiap warga yang sudah memiliki E-ktp wajib dating sediri ke Kecamatan untuk mengaktifkan E-ktp. 

Lalu bagaimana dengan warga yang sedang pergi keluar kota ataupun ke luar pulau untuk waktu yang tidak bias ditentikan…??? 

Bagi warga yang sedang pergi ke luar kota ataupun keluar pulau tidak perlu panik, karena E-ktp dapat diaktifkan di luar daerah tempat kita tinggal, jadi jika anda pergi ke Kalimantan untuk bekerja dan anda bukan warga Kalimantan (misalkan warga JATIM) anda masih bisa mengaktifkannya di Kecamatan tempat anda bekerja saat ini, anda cukup membawa E-ktp anda ke Kecamatan yang anta tempati saat ini. 

Nah mudah kan cara pengaktifannya,,,, 

Makanya ayo kita sama-sama mengaktifkan E-ktp kita guna untuk mempermudah kita dalam penggunaan E-ktp,,,,,
Cukup sekian Informasi dari aku, dan jangan lupa baca juga Pelayanan Perekaman E-KTP Segera Berakhir dan Bahaya Fotocopy / Scan E-KTP Karena Bisa Merusak Chip...

Salam sejahtera bagi sobat-sobat Dunia Informasi  semua,,,,, 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

7 comments:

  1. Kalo soal isu e-ktp tidak bisa difotocopy itu bener apa nggak gan? Sy dah punya e-ktp cuma blm pernah kena fotocopy aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk fotocopy/scaning e-KTP dari pemerintah memang dilarang gan, larangan tersebut tercantum dalam Surat Edaran Menteri Dalam Negeri No. 471.13/1826/SJ,,,,
      mungkin lebih jelasnya silahkan agan klik link "Bahaya Fotocopy / Scan E-KTP Karena Bisa Merusak Chip" agan bisa cari di bagian paling bawah dalam postingan ini,,,,
      namun karena kurangnya sosialisasi dari pihak-pihak yang bersangkutan dan minimnya alat pembaca e-KTP saat ini masyarakat banyak yang terlanjur memfotocopy,,,,
      ada sebuah kasus e-KTP milik pegawai kecamatan di daerah saya dilaminating, dan hasilnya chip e-KTP tesebut rusak dan tidak bisa dibaca oleh card reader, chip rusak karena panas yang ditimbulkan oleh alat laminating, namun untuk kasus karena fotocopy saya belum pernah menemukan,,,,

      Delete
  2. Replies
    1. Silahkan gan,,,,
      semoga coretan saya dapat bermanfaat bagi semuanya.....
      jangan lupa baca artikel lainnya juga....
      terimakasih.

      Delete
  3. Berarti kalau sudah punyak e-ktp gak usah perlu photo copy lagi ya.

    ReplyDelete
  4. Mas mau nanya, klw nik d ktp nya pas di cek keluar nama orang. Itu gmn ya?

    ReplyDelete
  5. Kak...apa benar bisa aktifkan di kecamatan terdekat..soalnya e ktp saya lampung...saya di jakarta selatan...e ktp saya blm aktif....dan kata tmn saya kalau mau aktifin harus ke dinas kependudukan dan pencatatan sipil di s.parman jakarta barat ...bagaimana sih yg sbnenarnya??

    ReplyDelete

Budayakan Berkomentar,,,, karena dengan berkomentar kita aka saling mengenal dan mungkin mampu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang belum terpecahkan dalam pemikiran kita....
Untuk kalian yang belum mempunyai akun GOOGLE / WORDPRESS / OPEN ID atau yang lainnya tapi ingin berkomentar pada postingan ini silahkan pilih "NAME/URL" pada kolom "Beri Komentar Sebagai", untuk URL kalian bisa memasukkan url / alamat facebook/twitter,,, contoh : http://www.facebook.com/nama_facebok
Terimakasih...... Admin